Translate

Cara Efektif Mengalami Pemulihan Hidup

Cara Efektif Mengalami Pemulihan Hidup
Ada enam cara praktis yang bisa kita lakukan dalam proses pemulihan hidup kita menjalani masalah kehidupan setiap hari.

1. Berkomunikasi dengan diri sendiri
Ketika kita menghadapi masalah setiap hari, maka hal pertama yang harus kita lakukan ialah berkomunikasi dengan diri sendiri. Kita bicara dengan diri kita tentang pengalaman-pengalaman hidup kita. Cara ini menjadi jembatan keberanian untuk kita berbicara secara transparan tentang diri kita kepada Tuhan. Kemampuan dan kualitas untuk berkomunikasi dengan diri sendiri dipengaruhi oleh dua hal besar, yaitu: pertama, pengenalan kita akan Tuhan; kedua, pengenalan kita terhadap diri sendiri.

2. Mengenali bahasa tubuh Anda
Ketika masalah datang, biasanya emosi kita berubah. Emosi-emosi negatif bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Cara mengatasi gejala ini ialah mengenal tubuh kita dan semua reaksinya. Apa yang menyenangkan dan apa yang tidak. Apa yang membangun dan apa yang tidak. Apa yang membuat tubuh Anda rileks dan nyaman, terutama saat tertekan.


3. Pikirkan hal positif dari setiap masalah
Acap kali kita selalu berpikir negatif terhadap setiap masalah yang kita alami. Jarang dari kita untuk melihat sisi positif dari masalah tersebut. Bahkan ketika orang lain melukai kita, biasanya kita akan marah atau menyimpan dendam dan mencari kesempatan untuk membalas sakit hati kita. Nasehat firman Tuhan yang ditulis oleh rasul Paulus perlu kita perhatikan secara serius dalam Filipi 4:8. Kita perlu mempraktekkannya dalam hidup kita setiap hari.

4. Hadapilah masalah dan jangan menghindarinya
Semakin Anda berusaha untuk menghindari masalah, maka masalah itu akan semakin kuat melilit Anda. Oleh sebab itu, cara terbaik ialah menghadapinya dengan sikap positif, pikiran yang jernih dan mengandalkan Tuhan. Pasti Anda akan menemukan jawaban dan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi.

5. Berkomitmenlah untuk mengampuni ketika Anda disakiti
Yesus dalam Doa Bapa Kami mengajarkan kita agar kita bisa mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Ini merupakan bagian dari pengalaman rohani kita dengan Tuhan. Di mana Tuhan sudah mengampuni kesalahan kita terlebih dahulu dengan cara memakukannya di atas kayu salib melalui pengorbanan Yesus. Memang tidak gampang untuk melakukannya, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Bersama dengan kasih Tuhan yang sudah kita rasakan, maka kita bisa mengampuni orang lain. Kita bisa memaafkan orang yang menyakiti dan melukai kita. Dan kita pasti menemukan damai sejati di hati kita ketika kita melepaskan pengampunan kepada orang lain.

6. Rayakanlah setiap masalah yang kita alami

Mungkin ini merupakan nasehat yang agak aneh. Mengapa? Biasanya orang merayakan kesuksesan, ketika keadaan baik, ketika diberkati. Mana ada orang yang merayakan masalah. Alasan kuat bagi kita untuk merayakan setiap masalah ialah nasehat firman Tuhan. Rasul Paulus dalam ilham Roh Kudus, menulis: "Mengucap syukurlah (red-rayakanlah) dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu" - 1 Tes.5:18. Baca juga artikel ini: Hidup Orang Kristen Yang Berintegritas Part 2.

Post a Comment for "Cara Efektif Mengalami Pemulihan Hidup"