Translate

YESUS KRISTUS SUMBER KESEMBUHAN

Yesus Kristus sumber kesembuhan merupakan salah satu tema sentral di dalam Alkitab secara khusus dalam Perjanjian Baru. Sepanjang pelayanan yang dilakukan oleh Yesus Kristus, separuh dari pelayanan-Nya itu ditandai dengan adanya kesembuhan yang dialami oleh orang-orang yang menderita pada saat itu. Peristiwa-peristiwa kesembuhan yang dicatat dalam Perjanjian Baru khususnya berkaitan dengan pelayanan Yesus, maka tidak dapat dipungkiri bahwa sesungguhnya Yesus Kristus sumber kesembuhan yang sempurna bagi siapa saja yang mengalami penderitaan fisik maupun rohani. Yesus Kristus sumber kesembuhan menjadi salah satu gelar yang dilekatkan pada diri-Nya.

"Tidak adakah Balsam di Gilead? Tidak adakah tabib di sana? Mengapakah belum datang juga kesembuhan luka putri bangsaku?" Yeremia 8:22. Nabi Yeremia dalam arahan, tuntunan, bimbingan dan pimpinan Roh Kudus memberi penjelasan yang logis bahwa Yesus Kristus sumber kesembuhan yang dilambangkan dengan Balsam dari Gilead.

Balsam adalah sejenis damar yang bergetah, sangat wangi dan sangat mahal harganya. Para kafilah memperdagangkannya. Musa dalam Kejadian 37:25 menulis demikian: "Kemudian duduklah mereka untuk makan. Ketika mereka mengangkat muka, kelihatanlah kepada mereka suatu kafilah orang Ismael datang dari Gilead dengan untanya yang membawa damar, balsam dan damar ladan, dalam perjalanannya mengangkut itu ke Mesir". Balsam ini karena mahal harganya, maka bisa dijadikan upeti bagi raja-raja yang berkuasa di Mesir. Saudara-saudara Yusuf membawa balsam untuk menjadi persembahan baginya sehingga Yusuf lembut hatinya dan menaruh perhatian kepada mereka - Kejadian 43:11.

Pertanyaan penting yang patut diajukan ialah: "Apa alasan logis dan kuat mengatakan bahwa Yesus Kristus sumber kesembuhan?" Dikatakan Yesus Kristus sumber kesembuhan sesungguhnya karena beberapa alasan berikut.

1. Yesus Kristus sumber kesembuhan karena Ia di atas segala-galanya.
Dengan pernyataan di atas bahwa Yesus Kristus sumber kesembuhan karena Ia di atas segala-galanya, maksudnya ialah bahwa Yesus Kristus lebih mahal dari segala kekayaan dunia ini. Sama seperti Balsal yang sangat mahal harganya, Yesus lebih mahal di atas segala-galanya. Rasul Yohanes menulis demikian: "Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya" - Yohanes 3:31.

Darah Yesus Kristus yang tercurah untuk menebus dosa manusia, dikatakan di dalam Alkitab bahwa darah-Nya itu sangat mahal. Rasul Petrus menulis demikian: "Melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat" - 1 Petrus 1:19. Yesus Kristus juga diibaratkan dengan batu yang mahal. "Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan" - 1 Petrus 2:6.

2. Yesus Kristu sumber kesembuhan karena Ia satu-satunya Tabib Agung.
Dalam perspektif Alkitab, Balsam adalah alat untuk menyembuhkan - Yeremia 8:22. Kesembuhan bagi Babel hanya pada Balsam dari Gilead - Yeremia 51:8. Kesembuhan bagi Mesir hanya pada Balsam dari Gilead - Yeremia 46:11. Yesus Kristus sumber kesembuhan yang sempurna bagi kita. (a) Yesus Kristus sumber kesembuhan bagi tubuh kita - Matius 4:23: "Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerjaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu". (b) Yesus Kristus sumber kesembuhan bagi jiwa kita - "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu" - Matius 11:28; (c) Yesus Kristus sumber kesembuhan bagi roh kita - "Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh" - Yohanes 3:8; (d) Yesus Kristus sumber kesembuhan bagi bangsa-bangsa - "Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa" - Wahyu 22:2.

3. Yesus Kristus sumber kesembuhan karena Dialah Tuhan.
Sebagai Tuhan, Yesus Kristus memiliki kuasa di sorga dan di bumi. "Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi" - Matius 28:18. Untuk mendapatkan kesembuhan dari Tuhan, maka kita harus sungguh-sungguh mencari Tuhan.

Gilead artinya daerah sukar dan berbatu (a hard rocky region), karena medannya yang sukar. "Dan ke sebelah timur wilayahnya sampai ke pinggir padang gurun yang terbentang mulai dari sungai Efrat, sebab ternak mereka telah bertambah banyak di tanah Gilead" - 1 Tawarikh 5:9. Balsam dari Gilead adalah Balsam yang sukar didapatkan. Butuh usaha dan kesungguhan hati untuk memperolehnya.

Demikian juga dengan Yesus Kristus sumber kesembuhan bagi kita. Kita harus mencari Dia dengan sepenuh hati dan kesungguhan hati serta penyangkalan diri. (a) kita harus mencari Dia dengan iman dan kesungguhan hati - "Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia" - Ibrani 11:6; (b) kita harus bayar harga - "Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku" - Matius 16:24. Baca juga artikel ini: Hidup Orang Kristen Yang Berintegritas Part 1.  


Post a Comment for "YESUS KRISTUS SUMBER KESEMBUHAN"