Translate

Rahasia Memiliki Pengharapan Yang Tidak Mengecewakan

Rahasia memiliki pengharapan yang tidak mengecewakan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Pauluskepada jemaat Tuhan atau orang Kristen di kota Roma, yaitu dalam Roma 5:2-5. Dalam Roma 5:2, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan rahasia memiliki pengharapan yang tidak mengecewakan, menulis: "Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih kasrunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah".

Shalom, salam sejahtera bagi kita. Senang bisa menjumpai dan menyapa para pengunjung dan pembaca setia blog ini. Doa dan harapan saya, semua berada dalam keadaan baik, sehat, tetap antusias, sukses, diberkati dan menjadi saluran berkat Tuhan bagi banyak orang.

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, pada kesempatan ini saya mengajak untuk memikirkan tentang pengharapan. Mengapa? Karena ada banyak orang di seluruh dunia yang hidup tanpa pengharapan. Ini ditandai dengan terjadinya angka bunuh diri yang terus meningkat dari tahun ke tahun di seluruh dunia.

Mereka yang melakukan bunuh diri bukanlah karena mereka tidak memiliki apa-apa dalam hidup mereka. Kelompok yang melakukan tindakan bunuh diri tersebut berasal dari semua level dan strata sosial yang bervariasi. Dari fakta itu, maka masalah utamanya ialah karena mereka tidak memiliki pengharapan dalam kehidupan mereka.

Apa itu pengharapan?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "pengharapan" diartikan sebagai: "Sesuatu yang (dapat) diharapkan; keinginan supaya menjadi kenyataan; orang yang diharapkan atau dipercaya.

Setiap kita pastilah selalu mengharapkan yang terbaik dalam hidup kita. Misalnya supaya hidup kita bahagia, diberkati, panjang umur, sukses, dan masih banyak harapan lainnya yang kita inginkan atau dambakan dalam hidup.

Namun, faktanya tidaklah selalu demikian, karena acap kali yang terjadi tidak seperti yang kita kehendaki atau harapkan. Ada hal-hal yang diluar dari ekspektasi kita terjadi. Ada kejutan-kejutan yang tidak pernah kita bayangkan dalam kehidupan kita.

Itu sebabnya, banyak orang yang kecewa, marah, putus asa, stress, depresi dan lain sebagainya. Karena memang yang mereka harapkan tidaklah terjadi dan bahkan yang mereka tidak harapkan justru itu yang terjadi. 

Pertanya penting yang harus kita ajukan ialah apa rahasianya supaya kita memiliki pengharapan yang tidak mengecewakan? Berdasarkan firman Tuhan dalam Roma 5:2-5, untuk memiliki pengharapan yang tidak mengecewakan, maka ada beberapa hal yang harus kita pahami, yaitu:

1. Pengharapan yang tidak mengecewakan itu butuh proses


Dalam Roma 5:3-4, ditegaskan bahwa pengharapan itu adalah hasil akhir dari suatu proses. Urutannya yaitu kesengsaraan - ketekunan - tahan uji - pengharapan. Berdasarkan urutan tersebut, maka kita mengerti bahwa pengharapan itu tidak diletakan dalam urutan yang pertama. Bukan juga terjadi atau menjadi kenyataan dalam waktu seketika. Tetapi dibutuhkan suatu proses dan proses itu membutuhkan waktu untuk menunggu.

Untuk dapat memiliki pengharapan yang tidak mengecewakan, seseorang sebelumnya telah melalui kesengsaraan, memiliki kemampuan untuk bertahan dari beragam pergumulan hidup, sehingga menimbulkan ketekunan dan ketekunan itu masih harus diuji sehingga berbuah pengharapan.

Kenapa kenyataannya banyak orang yang nyatanya kecewa akan pengharapannya? Karena mereka meletakkan pengharapannya di depan proses yang lain. Ketika seseorang meletakkan pengharapannya terlebih dahulu, pengharapan tersebut dapat mengecewakan, ketika kesengsaraan datang menimpa hidupnya dan mereka tidak tahan dalam ujian, maka pengharapan tersebut berbuahkan kekecewaan.

Pengharapam sejati yang tidak mengcewakan adalah pengharapan yang tahan uji bahkan terhadap kesengsaraan. Sehingga apapun yang terjadi, pengharapan kita tidak akan pernah mengecewakan.

2. Pengharapan yang tidak mengecewakan itu diletakkan kepada Tuhan
Dalam Mazmur 147:11: "Tuhan senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya". Ketika kita berharap dan mengandalkan manusia, pasti kita akan kecewa. Bahkan orang yang sangat kita percayai, hargai dan hormati serta bisa kita andalkan sekalipun, bisa juga mengecewakan kita.

Pada sisi lain, kalau kita mengandalkan kekayaan, jabatan atau kedudukan dan lain sebagainya pasti juga kita akan mengalami kekecewaan. Mengapa? Karena semua kekuatan yang kita andalkan itu adalah kekuatan yang terbatas dan tidak bisa menjamin secara sempurna kehidupan kita.

Satu-satunya pengharapan yang tidak pernah mengecewakan kita kita ialah pengharapan kepada Tuhan. Sebab apapun yang terjadi, rancangan Tuhan bagi kita adalah rancangan damai sejahtera dan masa depan yang penuh harapan. Oleh karena itu, berharaplah kepada Tuhan, tekun dan tahan uji, maka pengharapan kita tidak akan mengecewakan dan pasti indah pada waktunya.

Jika pembaca dan pengunjung blog diberkati melalui setiap firman Tuhan yang diulas di blog ini dan rindu untuk memberkati dengan memberi persembahan kasih sesuai dengan yang digerakan oleh Roh Kudus, SILAHKAN KLIK LINK INI: A BLESSING TO THE WORLD. Terimakasih dan Tuhan Yesus memberkati. 

Post a Comment for "Rahasia Memiliki Pengharapan Yang Tidak Mengecewakan"