Translate

Kiat Mengatasi Kegagalan Dalam Hidup

Kiat mengatasi kegagalan dalam hidup – Siapa pun dalam hidupnya pasti pernah mengalami kegagalan. Apa yang Anda rasakan ketika mengalami kegagalan? Sakit hati, kecewa, putus asa, menyerah, kesepian, ditinggalkan sendirian, meratapi kegagalan, dan dunia seakan menjadi kiamat bagi Anda. Hal-hal itu merupakan perasaan manusiawi yang kerap kita alami ketika gagal. Kabar baiknya ialah kegagalan bisa kita atasi. Berikut beberapa kiat yang kiranya bisa membantu Anda mengatasi kegagalan.

1. Manfaatkanlah kegagalan.
Kegagalan acap kali membantu kita untuk melihat dan memaknai hidup lebih dalam, luas dan matang. Kegagalan pada hakekatnya ada manfaatnya juga bagi kita. Apa manfaat kegagalan bagi kita?

Pertama, kegagalan menjadi alat prediksi. Maknanya ialah melalui kegagalan, kita dapat meramalkan masa depan dengan menyingkapkan kecenderungan masa kini. Bagaimana kita memberi respon kepada kegagalan akan menentukan di mana kita akan berada di masa depan.
Kedua, kegagalan sebagai alarm pengingat. Dengarkanlah pesan yang ingin disampaikan kepada kita melalui kegagalan. Jangan mengabaikannya.
Ketiga, kegagalan adalah rintangan. Hadapilah dan jangan menghindar atau lari darinya. Perhatikanlah dengan saksama.
Keempat, kegagalan adalah berkat. Kegagalan ada di jalan kita untuk mencobai kita sampai kita lebih kuat dalam perjalanan kita melewati kehidupan dan lebih siap untuk menyambut atau menerima berkat yang telah Tuhan sediakan jauh sebelumnya.
Kelima, kegagalan bisa diatasi. Kegagalan selalu memiliki solusi atau jalan keluarnya. Mungkin solusinya tersembunyi, tetapi pasti ada jawabannya.


2. Belajarlah dari kegagalan.
Kegagalan mengajar kita untuk fleksibel dalam hidup, namun tetap bertekun. Banyak pelajaran tentang hidup yang diajarkan kepada kita melalui kegagalan. William A. Ward menulis: “Kegagalan adalah guru kita, bukan penghambat kita ... Kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda, bukan berarti kekalahan ... sifatnya hanya sementara, tidak selamanya”. Saya setuju dengan pandangan dan pernyataan William A. Ward tersebut. Mengapa? Ada beberapa alasan: 

pertama, kegagalan adalah guru kita, artinya kita bisa belajar dari kegagalan itu dan berusaha untuk tidak lagi mengulangi kegagalan yang sama dan membuat kita untuk melakukan dengan cara yang baru atau berbeda; kedua, gagal bukan berarti akhir dari segalanya. Kita hanya perlu istirahat sebentar lalu melakukan lagi dengan cara yang terbaik. Artinya masih ada kesempatan kedua untuk meraih keberhasilan dalam hidup; ketiga, kegagalan tidak bersifat permanen. Hanya sementara saja.

3. Tetaplah optimis walaupun gagal.
Memang saat kita gagal seakan energy terkuras, spirit dan motivasi menjadi sirna, harapan seolah pudar. Itu biasa dan manusiawi. Yang perlu dibangun ialah sikap mental positif yang selalu mengandalkan Tuhan. Ketangguhan jiwa adalah salah satu kemampuan yang Tuhan anugerahkan bagi kita untuk menghadapi kegagalan secara efektif. Ketangguhan juga berarti kemampuan bertahan di masa-masa sulit dengan tetap memiliki keyakinan bahwa dirinya akan berhasil. Inilah yang dinamakan optimis. 
Baca juga: ALASAN ALLAH MEMULIHKAN HIDUP KITA.

Post a Comment for "Kiat Mengatasi Kegagalan Dalam Hidup"