Translate

Alasan Allah Memulihkan Hidup Kita

Alasan Allah memulihkan hidup kita – Semenjak nenek moyang kita yaitu Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, totalitas hidup kita menjadi rusak. Relasi dengan Allah rusak, relasi dengan diri sendiri hancur, relasi dengan sesama juga berantakan dan relasi dengan lingkungan tidak lagi harmonis. Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma menulis demikian: "Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah" - Roma 3:23.

Dosa merupakan titik awal rusaknya hidup manusia. Rusaknya hidup manusia ditandai dengan putusnya relasi manusia dengan Allah. Relasi manusia dengan sesamanya. Hubungan dengan lingkungan juga menjadi rusak. Manusia dengan berbagai cara berusaha untuk memperbaikinya. Namun semua upaya itu menjadi sia-sia dan tidak ada gunanya bagi manusia.

Hanya Allah yang dapat memulihkan hidup kita secara sempurna. Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “apa sesungguhnya alasan yang paling mendasar bagi Allah sehingga Dia mau memulihkan hidup kita? Berikut beberapa alasan kuat dan mendasar bagi Allah untuk memulihkan hidup kita, yaitu:


1. Allah mengasihi kita.
Kasih Allah kepada kita melampaui dosa, kejahatan dan pelanggaran kita. Ia menunjukkan kasih-Nya kepada kita oleh karena Kristus telah mati untuk kita ketika kita masih berdosa. Rasul Paulus menulis demikian: “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa” – Roma 5:8. Kasih menjadi alasan utama Allah memulihkan hidup kita. Kasihlah yang mendorong Allah untuk memulihkan keadaan kita yang berdosa. Dan kasih itulah yang membuat kita bisa mengalami pemulihan hidup dari dosa.

2. Allah mengampuni dosa kita.
Rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus menulis tentang hal itu demikian: “Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka ... Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah” – 2 Korintus 5:19, 21.

Di dalam dan melalui pengorbanan Kristus di atas kayu salib dosa kita diampuni. Yesus menebus kita dari hukuman dosa dengan cara menyerahkan diri-Nya sebagai korban yang menggantikan hukuman yang seharusnya kita yang menanggungnya. Pengorbanan Yesus menjadi dasar yang teguh bagi Allah untuk mengampuni dosa kita. Pengorbanan Yesus Kristus di atas kayu salib telah memuaskan keadilan Allah, sehingga di dalam dan melalui Yesus Kristus hidup kita dipulihkan. Itulah yang menjadi alasan kuat bagi Allah sehingga Dia mau memulihkan hidup kita.

3. Allah mengadopsi kita menjadi anak-anaknya.
"Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa untuk menjadi anak-anak Allah yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya" – Yohanes 1:12. Di dalam dan melalui Yesus Kristus kita manjadi anak-anak Allah. Allah menjadi Bapa kita. Hubungan antara Bapa dan anak dipulihkan oleh karena karya Yesus di kayu salib.

Itulah beberapa hal yang Allah lakukan untuk memulihkan hidup kita. Tidak satu manusia pun di bawah kolong langit ini yang dapat memulihkan hidupnya. Hanya Allah saja yang sanggup melakukannya. Allah melakukannya didasarkan pada kasih-Nya yang sempurna; Allah memulihkan kita didasarkan pada karya Yesus Kristus di atas kayu salib. Dan karena kita percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, maka Allah menjadikan kita anak-anak-Nya. 

Baca juga: TUJUAN HIDUP ORANG KRISTEN PART 2.

Post a Comment for "Alasan Allah Memulihkan Hidup Kita"