Translate

BETAPA BESARNYA ALLAH KITA

Dari masa ke masa, Allah seslalu mengingatkan umat-Nya bahwa kuasa-Nyalah yang membuat mereka diberkati dan berhasil. Kuasa Tuhan nampak dalam melindungi, mencukupi, menyelamatkan, dan masih banyak lagi cara Allah menolong umat-Nya.

Dalam Mazmur 139, raja Daur mengungkapkan secara menarik empat hal yang menggambarkan kuasa dan kebesaran Allah. Kuasa dan kebesaran Allah ini sudah dialami oleh Daud sebagai raja Israel. Berulang-ulang Allah menyatakan kuasa dan kebesaran-Nya dalam kepemimpinan Daud. Pengalaman rohani bersama Allah yang dialami oleh telah ditulisnya dalam bimbingan Roh Kudus, sehingga hal itu menjadi pelajaran penting bagi kita pada masa kini. Simak paparannya di bawah ini.

1. Allah besar, karena Ia Mahamengetahui - Mazmur 139:1-6.
Bukti bahwa Allah Mahamengetahui ditandai dalam hal-hal sebagai berikut: (a) Allah mengenal kita secara sempurna dan utuh. Raja Daud menulis hal itu demikian: "TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku" - Mazmur 139:1b; (b) Allah mengetahui aktivitas kita setiap hari. Raja Daud menulis hal itu demkian: "Engkau mengetahui kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kau maklumi. Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kau ketahui, ya TUHAN" - Mazmur 139:2-4.

2. Allah besar, karena kemuliaan, hadirat dan keberadaan-Nya yang sempurna - Mazmur 139:7-12.
Bukti bahwa keberadaan Allah yang sempurna dan tidak dapat dibatasi oleh apa dan siapapun. Kita juga tidak dapat melarikan diri dari Allah. Mengapa? Karena: (a) Ia berada di langit, jika ke sana kita melarikan diri - Mazmur 139:8a; (b) Ia berada di tempat orang mati, jika ke sana kita pergi - Mazmur 139:8b; (c) Ia berada di seberang lautan, jika ke sana kita pergi - Mazmur 139:9-10; (d) Ia berada dalam kegelapan, jika kita menyembunyikan diri di situ - Mazmur 139:11-12.

3. Allah besar, karena kuasa-Nya yang dahsyat - Mazmur 139:13-18.
Kehebatan dan kedahsyatan kuasa Allah nampak dalam beberapa hal, yaitu: (a) dalam penciptaan alam semesta dan segala isinya - Mazmur 139:13; (b) dalam menciptakan manusia serupa dan segambar dengan diri-Nya - Mazmur 139:14; (c) dalam menyelamatkan manusia dari dosa dan kejahatannya - Mazmur 139:16-18.

4. Allah besar, karena lebih dari apapun dan siapapun - Mazmur 139:19-24.
Bukti bahwa Allah lebih dari apapun dan siapapun, ditandai dalam beberapa hal berikut ini: (a) Allah lebih dari musuh-musuh-Nya termasuk Iblis - Mazmur 139:19-22; (b) Allah lebih hebat dari manusia terhebat sekalipun di bumi ini - Mazmur 139:23-24; (c) Allah tidak dapat disamakan dengan apapun dan siapapun - Yesaya 40:18, 25; 46:5. Baca juga materi ini: Mendidik Anak Gunakan Uang Dengan Bijak.  

Post a Comment for "BETAPA BESARNYA ALLAH KITA"