Translate

AKUILAH TUHAN DALAM SEGALA SESUATU

Salah satu kegagalan manusia yang terbesar adalah mengakui Allah dalam segala sesuatu. Kegagalan ini membuat manusia kehilangan gairah untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah. Firman Tuhan dalam Yosua 4:1-8 mengisahkan tentang Allah menyuruh Yosua memerintahkan bangsa Israel untuk mendirikan batu peringatan di tepi sungai Yordan yang mereka lalui secara mujizat, supaya setiap mereka dan anak-cucu mereka melihat itu, mereka mengakui bahwa Allalah yang telah melakukan mujizat bagi mereka.

Demikian juga beberapa hal dalam hidup kita bersama Allah yang perlu kita ingat, untuk menambah semangat kita dalam ibadah, rasa kagum, syukur dan setia kita kepada Allah. Pertanyaan penting yang perlu kita renungkan ialah: "Dalam hal apa kita mengakui Allah?" Berikut beberapa hal yang patut kita lakukan.

1. Ingatlah akan keputusan yang telah kita ambil di masa lalu.
Beberapa contoh tentang beberapa keputusan yang telah dibuat pada masa lalu, yaitu: (a) Musa memutuskan untuk menderita bersama bangsanya - Ibrani 11:25; (b) Yosua menantang bangsa Israel untuk menentukan pilihan mereka - Yosua 24:15; (c) raja Salomo tidak meminta apapun dari Allah kecuali hikmat Allah - Raja-Raja 3:9.

2. Ingatlah akan penyerahan diri yang telah kita buat di masa lalu.
Beberapa contoh dari Alkitab yang memaparkan tokoh-tokoh penting yang telah melakukan suatu penyerahan diri secara total kepada Allah. Tokoh-tokoh dimaksud, yaitu: (a) Daniel dalam penyerahan diri kepada Allah dalam gua singa - Daniel 1:8; 6:1-24; (b) Sadrakh, Mesakh, Abednego dalam penyerahan diri kepada Allah saat dibuang ke dalam dapur apa - Daniel 3:9-29; (c) rasul Paulus dalam penyerahan diri ketika menghadapi kesukaran, aniaya bahkan ancaman maut dalam pelayanan pekerjaan Tuhan - Kisah Para Rasul 20:24; 2 Korintus 11:24-28.

3. Ingatlah akan pengajaran yang diberikan pada nabi dan para rasul di masa lalu.
Pengajaran apa saja yang diberikan oleh para nabi dan para rasul di masa lalu yang harus kita ingat? Berikut beberapa pengajaran yang disampaikan oleh para nabi dan para rasul pada masa lalu: (a) ingat kepada Tuhan setiap saat, bangun atau tidur - Mazmur 63:7; ingat akan segala pekerjaan dan mujizat yang Allah berikan pada kita - Mazmur 77:12; (c) ingat akan setiap janji-Nya - Mazmur 105:8; (d) peringatan akan Tuhan harus diteruskan kepada generasi kita - Mazmur 135:13. Baca juga materi khotbah ini: Cara Efektif Membangkitkan Pengharapan Hidup.

Post a Comment for "AKUILAH TUHAN DALAM SEGALA SESUATU"