Translate

Pentingnya Berdoa Menurut Alkitab

Pentingnya berdoa menurut Alkitab ~ Landasan firman Tuhan untuk tema pentingnya berdoa menurut Alkitab, diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat yang ada di kota Tesalonika. Demikianlah sabda Tuhan, “Tetaplah berdoa.” Kebenaran firman Tuhan tersebut memang sangat singkat, pendek, padat dan jelas. Memberi penegasan kepada setiap orang percaya untuk konsisten, komitmen dan tekun serta berdoa tanpa hentinya.

 Baca juga ini: 3 Tanda Pertobatan Sejati Menurut Alkitab

Doa merupakan aspek penting dalam kehidupan spiritual seseorang. Dalam agama Kristen, doa dianggap sebagai komunikasi langsung dengan Tuhan. Alkitab, kitab suci umat Kristiani, memuat banyak ajaran tentang pentingnya doa. Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai aspek  pentingnya doa menurut Alkitab.

 


Satu, Komunikasi dengan Tuhan.

Doa adalah cara kita sebagai umat Kristiani berkomunikasi atau berbicara secara live atau langsung dengan Tuhan. Alkitab mengajarkan bahwa Tuhan mendengar  dan selalu menjawab doa umat-Nya. Alkitab mengatakan dalam Mazmur 145:18, “Tuhan dekat kepada semua orang yang berseru kepada-Nya, kepada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan”. Di sini penulis kitab Mazmur memberikan penegasan kepada kita bahwa, Tuhan begitu dekat, akrab dan ada bersama kita ketika berdoa dengan sungguh-sungguh.

 Baca juga ini: Ciri Perempuan Yang Kuat Menurut Alkitab

Kedekatan Tuhan dengan kita sebagai umat-Nya terjadi karena ada komunikasi live atau langsung yang terus-menerus kita lakukan. Komunikasi ini dilakukan dengan cinta kasih dan kesungguhan hati. Dan hal itu menunjukkan bahwa Tuhan dapat mendengar suara setiap umat-Nya yang berada di dekat-Nya.

 

Dua, Mengungkapkan kebutuhan dan harapan

Doa juga memungkinkan umat Kristiani mengungkapkan kebutuhan dan harapannya kepada Tuhan. Alkitab mengajarkan bahwa Tuhan adalah ayah yang baik dan peduli terhadap umat-Nya. Rasul Paulus menulis dalam Filipi 4:6-7: “Janganlah kamu kuatir akan apa pun, tetapi  dalam segala hal dengan doa, dengan permohonan dan ucapan syukur, sampaikanlah permohonanmu kepada Allah. Dan damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan menjaga hati dan pikiranmu di dalam Kristus Yesus.”

Kebenaran firman Tuhan di atas memberikan penegasan juga kepada kita bahwa berdoa itu sangatlah penting di dalam kehidupan kita. Dikatakan demikian, karena dengan berdoa kepada Tuhan, maka hal itu akan menyingkirkan rasa cemas, takut, dan kuatir dari dalam hidup kita.

 Baca juga ini: Rahasia Doa Yabes Dijawab Oleh Tuhan

Selain itu, Alkitab mengajarkan bahwa melalui doa orang Kristen mengatasi kekhawatiran, keinginan, dan kebutuhan mereka. Ia menekankan bahwa kita dapat mempercayakan hidup kita kepada Tuhan.

 

Tiga, Kekuatan dan kenyamanan

Doa juga memberikan kekuatan dan kenyamanan bagi umat Kristiani. Dalam Yohanes 14:27, dikatakan demikian, “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu”.

 

Yesus berkata: Melalui doa, umat Kristiani dapat menemukan kedamaian dan kekuatan bahkan dalam situasi  sulit. Doa juga merupakan salah satu cara untuk mencari ketenangan dan penghiburan dalam menghadapi kesedihan dan kekecewaan.

Baca juga ini: Bagaimana Mencari Momen Ilahi Dalam Hidup Kita Menurut Alkitab

Post a Comment for "Pentingnya Berdoa Menurut Alkitab"