Translate

Jagalah Lidahmu

Jagalah lidahmu ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Mazmur 19:15. Demikianlah firman Tuhan, “Kiranya perkataanku dan pikiranku menyenangkan Engkau, ya TUHAN, Gunung Batuku dan Penebusku”. Lidah mempunyai kekuatan misterius. Perkataan yang diucapkan dengan lidah dapat menyembuhkan atau menyakiti, membangun atau menghancurkan. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang beriman untuk berhati-hati menjaga lidah. Di bawah ini adalah pembahasan singkat tentang pentingnya melindungi lidah Anda.

 Baca juga ini: Pentingnya Berdoa Menurut Alkitab

1. Mengekspresikan cinta dan kebaikan.

Kita bisa menggunakan lidah kita  untuk menyampaikan cinta dan kebaikan kepada orang lain. Mari kita ucapkan kata-kata yang membangkitkan semangat, menghibur, dan memberdayakan dalam setiap kata yang kita ucapkan. Dengan mengendalikan lidah, kita bisa membawa keberkahan bagi orang-orang di sekitar kita. 

 


2. Hindari gosip dan fitnah.

Salah satu bahaya terbesar dari lidah adalah kecenderungannya berbicara tentang orang lain dengan cara yang tidak benar. Gosip dan fitnah dapat merusak hubungan, merusak reputasi, dan menimbulkan perpecahan dalam masyarakat. Sebagai orang beriman, marilah kita menghindari tindakan-tindakan tersebut dan menggantinya dengan bahasa yang membangun dan mendamaikan.

 Baca juga ini: 3 Tanda Pertobatan Sejati Menurut Alkitab

3. Jaga pengendalian diri.

Jika lidah Anda tidak dirawat dengan baik, hal itu dapat dengan mudah menyebabkan ucapan tidak terkendali. Jika kita tidak hati-hati, kemarahan, celaan, dan cemoohan bisa dengan cepat keluar dari mulut kita. Namun dengan meminta bantuan dan bimbingan Tuhan, Anda bisa mendapatkan pengendalian diri yang Anda perlukan untuk mengendalikan perkataan Anda.

 

4. Doa dan Pertobatan.

Untuk menjaga lidah kita, penting  untuk mencari pertolongan Tuhan melalui doa. Carilah kebijaksanaan, kerendahan hati, dan kekuatan untuk menahan diri dari berbicara. Selanjutnya jika kita berdosa dengan perkataan kita,  kita harus belajar untuk segera bertobat dan meminta maaf kepada Tuhan dan  orang yang kita sakiti dengan perkataan kita. Refleksi ini mengingatkan kita akan kekuatan kata-kata dan tanggung jawab  dalam menggunakannya. Jagalah lidahmu agar menjadi alat yang Tuhan gunakan untuk menyebarkan cinta, kebenaran, dan keberkahan kepada orang-orang di sekitarmu.

 Baca juga ini: Ciri Perempuan Yang Kuat Menurut Alkitab

Doa: Tuhan, ajari aku menjaga lidahku dengan bijak. Bantu kami  mengendalikan kata-kata kami dan menggunakannya dengan tujuan. Beri kami kekuatan untuk menghindari kata-kata yang merusak dan mengucapkan kata-kata yang membangun dan mendamaikan. Semoga kata-kata kami selalu menyenangkan Anda. Saya berdoa dalam nama Yesus. Amin.

Post a Comment for "Jagalah Lidahmu"