Translate

Doa Yang Mendatangkan Terobosan

 Doa yang mendatangkan terobosan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema doa yang mendatangkan terobosan diambil dari Injil Matius 6:6. Demikian penulis Injil Matius menulis :Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

 

Hampir semua agama dan penganut kepercayaan memiliki cara tersendiri untuk membangun relasi dengan sesembahannya. Demikian juga dengan orang percaya, murid Kristus atau gereja Tuhan. Bagi orang Kristen, doa telah menjadi bagian integral dari kehidupan spiritualitasnya.

 

Tentu masing-masing penganut agama dan kepercayaan memiliki tujuan tersendiri ketika berdoa kepada sesembahannya. Ada yang bertujuan untuk meminta perlindungan, kekuatan dan pertolongan. Ada yang bertujuan supaya selamat dari bahaya dan lain sebagainya.

 


Bagi orang Kristen atau gereja Tuhan, ketika berdoa kepada Allah memiliki tujuan-tujuan yang spesial. Salah satu tujuan ketika orang Kristen, gereja Tuhan atau orang percaya berdoa adalah supaya terjadi revival/kebangunan rohani atau terobosan rohani.

 

Ada tiga hal supaya kita mengalami doa-doa yang akan mengubahkan keadaan kita :

 

1. Miliki waktu dan tempat spesial untuk berdoa kepada Tuhan.

Matius 14:22 Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu dan mendahului-Nya ke seberang, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. 

14:23 Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.

 

Matius 6 : 6 : Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

 

Tuhan Yesus juga membutuhkan tempat untuk berdoa seorang diri dengan Bapa di surga. Walau pelayanan merupakan sesuatu yang penting, tetapi kita tidak boleh melupakan hubungan dan persekutuan yang pribadi dengan Tuhan. Selain kita adalah hamba, kita juga adalah anak, dan Bapa menghendaki agar kita menyediakan waktu untuk bersekutu dengan–Nya, karena Bapa rindu untuk bersekutu dengan kita. Kita harus berdoa kepada Bapa di surga, karena Tuhan Yesus pun berdoa kepada Bapa. Jika kita rajin berdoa maka sikap kita akan menjadi positif.

 

2. Miliki kepercayaan total kepada Tuhan.

Markus 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu,

 

Jika kita berdoa kita harus percaya apa yang kita minta kita telah menerimannya. Kita tidak berjalan berdasarkan apa yang kita lihat secara jasmani, tetapi dengan percaya dan beriman berdasarkan janji Tuhan. Kita harus percaya kepada Tuhan yang setia menjawab doa. Dengan iman kita menerima semua yang dijanjikan Tuhan.

 

3. Miliki hati yang bisa melepaskan pengampunan.

Markus 11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.

11:26 (Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.)

 

Hati kita harus ada pada level terbaik ketika kita menghampiri Allah dalam doa. Relasi kita dengan sesama harus ada pada level kualitas terbaik. Kita harus membereskan dan membersihkan “sampah-sampah” kehidupan dari dalam hati kita. Rasul Paulus menulis : “Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian, dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan” – Efesus 4:31.

 

Post a Comment for "Doa Yang Mendatangkan Terobosan"