Translate

Apresiasi Bagi Istri Yang Bijaksana

Apresiasi bagi istri yang bijaksana ~ Landasan firman Tuhan untuk tema apresiasi bagi istri yang bijaksana, diambil dari kitab Amsal 31:10-31. Penulis kitab Amsal dalam pimpinan, tuntunan, arahan dan bimbingan Roh Kudus, menulis demikian: “Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata” Amsal 31:10.

Arti kata Cakap = Chayil (ibrani), adalah istri yang bijaksana, yang sifatnya baik, yang moralnya baik, yang karakternya baik, yang kuat,  yang punya wibawa, yang punya prinsip yang kuat di dalam kebenaran, yang tenang, yang tidak cepat menyerah dan yang rendah hati.

 

 Firman Tuhan Amsal, 31:10-31 mengatakan : bahwa istri yang cakap dan yang bijaksana, adalah wanita yang nilainya tinggi, yang nilainya mahal, yang lebih berharga dari pada permata dan tidak bisa dibandingkan dengan apapun, sebab isteri yang cakap dan yang bijaksana memiliki sifat, moral dan karakter yang mulia, yang bernilai dan yang berkwalitas.


Karena itu di mata Tuhan, ISTRI YANG CAKAP DAN BIJAKSANA ADALAH SEPERTI WANITA YANG MEMILIKI KECANTIKAN YANG MEMANCARKAN DARI BATINNYA, sehingga dia menjadi wanita yang memilki wibawa, kepribadian yang kuat dan yang teguh, jadi kwalitas istri yang seperi inilah yang diberkati Tuhan dan yang hidupnya menjadi berkat.

Kitab Amsal 31 ini mengajarkan setidaknya ada 5 kata-kata pujian untuk istri yang cakap :

 

1. "SUAMINYA TIDAK AKAN KEKURANGAN KEUNTUNGAN"

“Hati suaminya percaya kpd nya, suaminya tdk akan kekurangan keuntungan” - (Amsal 31:11). Jadi ketika isteri menjadi isteri yang cakap dan yang bijaksana, maka kehidupan, karier, bisnis, pelayanan dan segala sesuatu yang dikerjakan oleh suaminya akan selalu mendatangkan keuntungan.

 

2. "SUAMINYA DIBERKATI OLEH PERBUATAN BAIK ISTERINYA"

“Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya'

(Amsal,31:12). Jadi Istri yang cakap dan yang bijaksana selalu berespon positif terhadap kekurangan dan kelemahan dari suaminya, bahkan mendukung suaminya.

 

3. "SUAMINYA DIKENAL DAN DUDUK BERSAMA SAMA DENGAN ORANG YANG

    TERHORMAT"

“Suaminya dikenal di pintu gerbang, kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua negeri.”

(Amsal,31:23)

Jadi istri yang cakap dan yang bijaksana akan memberi jalan, membawa, menempatkan dan memposisikan suaminya dalam golongan orang-orang yang mulia, yang terhormat dan yang bijaksana.

 

4. "ANAK-ANAKNYA HIDUPNYA BAHAGIA DAN SUAMINYA SELALU MEMUJI ISTERINYA"

“Anak-anaknya bangun dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia”

(Amsal,31:28). Jadi istri yg cakap dan yg bijaksana akan membuat anak anaknya dan suaminya berbahagia, sehingga suaminya selalu memuji dia dan anak anaknya menyebutnya sebagai wanita yg berbahagia.

 

5. "RUMAH TANGGANYA DIURUS DENGAN BAIK"

“Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan” (Amsal,31:15).

Jadi, Istri yang cakap dan yang bijaksana akan mengurus rumah tangganya dengan baik, rajin dan bertanggung jawab dalam menjalankan fungsinya sebagai ibu rumah tangga. Tuhan Yesus memberkati istri-istri yang cakap yang memancarkan cantiknya dari batinnya.


Post a Comment for "Apresiasi Bagi Istri Yang Bijaksana"