Translate

Makna Sebagai Domba Domba Tuhan

Makna sebagai domba-domba Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema makna domba-domba Tuhan diambil dari Injil Yohanes 1:1-3.

                                                                                                                                    Mengapa saya memilih Thema ini untuk  pagi hari ini karena saya melihat bahwa kata kata yang paling  bayak disebut adalah kata tentang domba domba. Jadi apapun Jabatan kita didalam Pelayanan dan apapun Profesi kita didalam dunia Sekuler, tapi dihadapan Tuhan Kita sebagai orang Percaya dan Pengikut Yesus Kita adalah domba dombaNya.


Berbicara mengenai domba, Ada 2 Hal yg harus dimiliki oleh domba:

                                                                          A. Domba Harus memiliki Gembala  sebab domba tidak bisa bertahan  hidup tanpa Gembala                                Siapa  Gembala Kita? Jawaban Pertama Adalah Tuhan Yesus                                                                                                                                                                                  Tuhan Yesus adalah Gembala Sesungguhnya, Gembala Agung satu satunya dan pemilik segenap domba domba.

Yoh 10:11 Akulah Gembala yang baik,Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba dombanya                                                                                      Maz 100:3  Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah Kita Umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya. 

Jawaban kedua tentang siapa Gembala kita Adalah                                                                                                                        Manusia / Hamba Tuhan yang dipilih dan ditetapkan oleh Tuhan dengan RohNya yang Kudus untuk menjadi Gembala  jemaat sebagai penyambung Lidah Allah dan perpanjangan tangan Tuhan untuk melayani  di tengah tengah Gereja tempat kita beribadah dan melayani Tuhan 

Kis 20:28 karena itu jagalah dirimu dan jagalah selururuh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan oleh Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperolehnya dengan darahNya.


Hamba Tuhan Gembala adalah orang yang melayani kita dengan bertanggung jawab atas keselamatan Jiwa kita Ibr 13:17 Taatilah pemimpin pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, Sebab mereka berjaga juga atas jiwamu sebagai orang yang harus bertanggung jawab atasnya.

Bagaimana keadaan Domba domba Jika tidak punya Gembala?                                                                                                   Mat 9:36 Melihat orang banyak itu maka tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

A.  LELAH itu sama dengan Letih Lesu dan berbeban berat                                                                                                        Mat 11:28 Marilah KepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat Aku akan memberikan kelegaan kepadamu                                                                                                                                                                                                     

Kalau diurut Lelah => letih lesu => berbeban berat  artinya: berbuat dosa, sebab beban terberat manusia yang membuat keadaan hati dan jiwa lelah dan letih lesu adala dosa dosa. 


Jadi kesimpulan lelah itu adalah berbuat dosa akibat tidak  bergembala atau tidak ada Gembala yang membimbing untuk lepas dari dosa   


B.  TERLANTAR artinya: tidak ada tempat persinggahan = Tidak ada tempat untuk mengadu dan tidak ada yg bertanggung jawab atas keselamatannya, atas masa depannya dan atas hidupnya.  


Bandingkan dengan Yesaya 46:3-4  Dengarkanlah Aku hai kaum keturunan Yakub, hai semua yang  masih tinggal dari keturunan israel, hai orang orang yang kudukung sejak dari kandungan hai orang orang yang kujunjung sejak dari rahim.

sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Kata mau menanggung kamu terus dapat diartikan bahwa Tuhan mau bertanggung jawab atas kehidupan dan keselamatan kita sehingga tidak mengalami keadaan  yang  seperti terlantar dan tidak punya harapan.


Hakekat Domba ditengah-tengah Dunia menurut Alkitab adalah : Mat 10:16 Seperti domba ditengah serigala.                                                                                    Rom 8:36....dianggap seperti domba sembelihan. Oleh karena itu jika mengandalkan kekuatan,kepandaian, Kekayaan dan  Kehebatan diri sendiri kita tidak mungkin bisa bertahan kita akan gagal dan hancur.

Maka diatas segala kekuatan, kekayaan kepandaian dan apapun itu yang ada pada kita yang sangat  kita butuhkan adalah Kasih Yesus Gembala baik dengan  Kasih Sekuat Maut

Apa itu Kasih sekuat maut? Itulah Kasih Yesus Gembala Baik yang rela mengalami maut, Mati untuk menyelamatkan domba dombaNya,


Yoh 10:11 Akulah Gembala yang baik Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba dombanya.  


Rom 8:37 Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari orang orang yang menang ,oleh Dia yang mengasihi kita

 

Rom 8:38-39  Sebab aku yakin, bahwa baik maut maupun hidup......ataupun sesuatu mahluk lain tidak ada yang dapat memisahkan kita dari Kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.                                                   

Oleh sebab itu Tetaplah percaya ,tetaplah setia dan tetaplah bersama  Yesus Gembala Agung dan Gembala baik  maka setiap hari kita akan berkemenangan oleh Dia yang mengasihi Kita  Amin. 

Tuhan Yesus memberkati kita.

Sumber : Pdt. James Habeahan

Post a Comment for "Makna Sebagai Domba Domba Tuhan"