Translate

Roh Yang Memuliakan Kristus


Roh yang memuliakan Kristus ~ Landasan firman Tuhan untuk tema roh yang memuliakan Kristus diambil dari Injil Yohanes 16:14. Tema tentang roh yang memuliakan Kristus ini bertujuan untuk: 1) supaya setiap orang percaya mengetahui bahwa ada Roh Kudus yang akan membantunya untuk senantiasa memuliakan Kristus. 2) supaya setiap orang percaya dalam hidup dan pelayanannya mempunyai sasaran utama yaitu memuliakan Kristus.

Roh Kudus dan karya-Nya dalam Perjanjian Lama memang tidak terlalu kelihatan. Kendati demikian, Roh Kudus sangat aktif di sepanjang sejarah Perjanjian Lama. Namun, ketika kita menelusuri sejarah Perjanjian Baru, maka kita mendapati bahwa Roh Kudus dan karya-Nya sangat nyata sehingga membuat pemberitaan Injil dan pertumbuhan gereja perdana sangat signifikan.


Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal. Roh Kudus bukan sekedar kuasa atau kekuatan Allah, namun Roh Kudus adalah Satu Pribadi dan Roh Kudus adalah Allah sendiri. Fakta-fakta di dalam Perjanjian Baru yang menunjukkan bahwa Roh Kudus adalah satu Pribadi, yaitu: Roh Kudus berbicara – Kisah 8:29; Wahyu 2:7; Roh Kudus menginspirasi penulisan Alkitab – 2 Timotius 3:16; Roh Kudus disebut penolong – Yohanes 14:26; 15:26; Roh Kudus memberi kesaksian tentang Tuhan Yesus – Yohanes 15:26; Roh Kudus mengajar dan memimpin ke dalam seluruh kebenaran – Yohanes 14:26; 16:13; Roh Kudus mendoakan – Roma 8:26-27; Roh Kudus bisa didukakan – Efesus 4:30; dan Roh Kudus bisa dihujat dan didustai – Kisah 5:3; Markus 3:29.

Kalimat tanya: “Bagaimana Roh Kudus memuliakan Kristus?”.
Kalimat peralihan: Berdasarkan kebenaran firman Tuhan dalam Yohanes 16:14, maka ada beberapa hal yang bisa kita temukan cara Roh Kudus memuliakan Kristus, yaitu:

Satu, inti berita Roh Kudus adalah tentang Kristus.
“Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku” – Yohanes 16:14b.
Berita yang disampaikan Roh Kudus bukan tentang diri-Nya melainkan tentang Kristus dan karya penebusan-Nya. Karya Kristus dan penebusan-Nya yang menjadi pekerjaan utama Roh Kudus. Melalui pekerjaan Roh Kudus inilah kita percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita. Roh Kudus tahu bahwa hanya melalui Yesuslah kita memperoleh pengampunan dosa, keselamatan dan hidup yang kekal.

Roh Kudus terus memposisikan diriNya di belakang layar dan mengarahkan lampu sorot itu kepada Tuhan Yesus. Roh Kudus berperan membawa kita kepada Tuhan Yesus dan memastikan bahwa kita dan Tuhan Yesus akan tinggal bersama selamanya

Dua, seluruh pelayanan Roh Kudus untuk memuliakan Kristus.
“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan MEMULIAKAN Aku” – Yohanes 16:13-14a.

Segala bentuk pekerjaan dan pelayanan yang membuat kita jauh dari Tuhan Yesus, maka pekerjaan dan pelayanan itu bukan dari Roh Kudus. Kata “memuliakan” dalam bahasa Yunani menggunakan kata “doxadzo”. Kata “doxadzo” artinya: “menghormati, menghargai, membesarkan dan memuji”.

Pekerjaan dan pelayanan Roh Kudus sasaran utamanya adalah memuliakan Tuhan Yesus bukan untuk memuliakan diri-Nya. Pekerjaan dan pelayanan kita yang di dalamnya Roh Kudus terlibat pasti ada rasa hormat kepada Tuhan Yesus, pasti membesarkan nama Tuhan Yesus dan pasti Tuhan Yesus yang dipuji dan dimuliakan

Tiga, Roh Kudus menyadarkan akan kehadiran Kristus dalam hidup kita.
“... Dan ketahuilah, Aku MENYERTAI kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” – Matius 28:20b. Artinya dalam semua musim kehidupan kita, ada Yesus bersama kita. Roh Kudus memperdalam dan memperkuat kesadaran kita akan kehadiran Kristus secara total dalam kehidupan kita.
Roh Kudus menyadarkan kita bahwa Tuhan Yesus hadir dalam semua musim hidup kita. Roh Kudus menyadarkan kita bahwa Tuhan Yesus menyertai dalam semua musim hidup kita. Roh Kudus menyadarkan kita bahwa Tuhan Yesus sanggup untuk menolong dalam semua musim hidup kita. Roh Kudus menyadarkan kita bahwa Tuhan Yesus pasti akan datang untuk menggenapi pengharapan kita kepada-Nya.

Kita tidak bisa memberitakan tentang Kristus dan karya-Nya bila kita tidak bekerjasama dengan Roh Kudus. Kita tidak bisa melayani yang memuliakan Kristus, jika kita tidak melibatkan Roh Kudus dalam setiap pelayanan yang dilakukan. Kita tidak bisa menyadari akan kehadiran Kristus dalam hidup kita kalau kita mengabaikan Roh Kudus. Oleh karena itu, mari kita belajar untuk bekerjasama dengan Roh Kudus agar hidup dan karya kita memuliakan Kristus. Amin

Post a Comment for "Roh Yang Memuliakan Kristus"