Translate

Faedah Takut Akan Tuhan

Faedah takut akan Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Amsal 1:7; 9:10; 15:33; 10:27. Tujuan dari tema tersebut adalah supaya setiap orang percaya mengetahui tentang takut akan Tuhan di dalam Alkitab. Juga supaya setiap orang mengerti tentang faedah dari takut akan Tuhan di dalam Alkitab.

Di dalam kebenaran firman Tuhan, kita menemukan ada beberapa kata dalam bahasa asli Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru terkait dengan kata takut atau ketakutan. Kata “takut” dalam bahasa Ibrani menggunakan kata “yir’a dan “pakhad”. Lalu kata “takut” dalam bahasa Yunani menggunakan kata “fobos”.

Dalam Ensiklopedia Alkitab Masa Kini jilid 2, memberikan penjelasan tentang kata “takut”, sebagai berikut: “Secara teologis dapat dikemukakan empat yang utama; ketakutan yang kudus, takut diperbudak, takut kepada manusia, dan yang disegani”.[1]

Takut akan TUHAN berarti merasa gentar (ngeri) atau segan terhadap yang Mahatinggi, Maha mulia, Mahakudus, dan Maha kuasa. “takut akan TUHAN merupakan ketakutan yang kudus, dimana sikap ini adalah dampak dari pengenalan orang percaya akan Allah yang hidup”.[2]



Takut akan Tuhan adalah kesadaran akan kekudusan, keadilan dan kebenaran-Nya sebagai pasangan terhadap kasih dan pengampunan-Nya, yaitu: mengenal Dia dan memahami sepenuhnya siapakah Dia Amsal 2:5 – “maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah”. Takut akan Tuhan berarti memandang Dia dengan kekaguman dan penghormatan kudus serta menghormatiNya sebagai Allah karena kemuliaan, kekudusan, keagungan, dan kuasaNya yang besar Filipi 2:12: “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir”.[3]
Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa faedah yang kita dapatkan ketika kita takut akan Tuhan?” Berdasarkan kebenaran firman Tuhan, maka kita menemukan bahwa ada beberapa faedah yang kita peroleh ketika kita takut akan Tuhan, yaitu:

Satu, kita memperoleh hikmat.
Ini adalah faedah pertama yang kita peroleh ketika kita takut akan Tuhan yaitu kita akan memperoleh hikmat. Penulis kitab Amsal dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis: “Takut akan TUHAN adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan; Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal yang mahakudus adalah pengertian” Amsal 9:10; 15:33.

Dua, kita memperoleh pengetahuan.
Ini adalah faedah kedua yang kita dapatkan ketika hidup takut akan Tuhan yaitu kita memperoleh pengetahuan. Penulis kitab Amsal dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis: “Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan” - Amsal 1:7). Selanjutnya penulis Amsal menulis: “Oleh karena mereka benci kepada pengetahuan dan tidak memilih takut akan TUHAN” – Amsal 1:29.

Tiga, kita memperoleh kehidupan.
Ini merupakan manfaat ketiga yang kita dapatkan ketika kita hidup takut akan Tuhan, yaitu kita memperoleh kehidupan. Dalam Amsal 14:27, penulis kitab Amsal dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis: “Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut”.

Empat, kita memperoleh umur yang panjang.
Inilah faedah yang kita peroleh ketika kita hidup takut akan Tuhan yaitu kita memperoleh umur yang panjang. Dalam Amsal 10:27, penulis kitab Amsal menulis: “Takut akan TUHAN memperpanjang umur, tetapi tahun-tahun orang fasik pendek”.


[1] Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jilid II, (Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1995), 438-439.
[2] Ibid
[3] Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan (Malang: Gandum Mas, 2000), 286.

Post a Comment for "Faedah Takut Akan Tuhan"