Translate

Tips Cara Menghasilkan Anak Cerdas

Tips cara menghasilkan anak cerdas ~ Setiap orangtua tentu menginginkan punya anak cerdas. Supaya memiliki anak cerdas, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh pengorbanan, kreativitas, inovatif dan usaha sepenuh hati untuk mewujudkannya. 

Oleh karena itu, sebagai orangtua, ada beberapa aspek yang harus menjadi fokus perhatian serius supaya bisa memiliki anak cerdas. Untuk memiliki anak cerdas, harus menggunakan cara cerdas yang dilakukan oleh orangtua. Secara prinsip, perkembangan positif kecerdasan sejak dalam kandungan bisa terjadi dengan memperhatikan banyak hal. Antara lain, yaitu:

1. Sejak dalam kandungan
Dalam tahap ini, peranan ibu dalam mengasuh bayinya sejak dari dalam kandungan sangat menentukan terciptanya anak yang cerdas. Oleh karena itu, cara cerdas pertama yang harus dilakukan oleh seorang ibu kepada bayinya sejak dalam kandungan adalah dengan memberikan ransangan atau stimulus secara sengaja dan terencana. Melalui ransangan atau stimulus yang secara sengaja diberikan oleh sang ibu kepada bayinya dalam kandungan akan terjadi kontak secara emosional.

2. Hindari tekanan dan stress
Untuk menciptakan anak cerdas dengan cara cerdas adalah dengan berusaha sedemikian rupa, supaya ibu yang sedang hamil jangan sampai mengalami beban emosional dan fisik yang berat.

Usahakan supaya ibu yang sedang mengandung bayinya agar tetap senang, dan gembira. Sebab jika ibunya selalu merasa tertekan, terbebani, cemas, gelisah dan stress, hal itu berdampak kepada bayi yang dikandungnya. Bisa saja sang bayi mengalami gangguan yang berdampak kepada intelegensianya atau kecerdasannya.


3. Hindari pemakaian obat
Disarankan untuk tidak minum obat-obatan yang katanya bisa merangsang perkembangan dan kecerdasan otak bayi. Obat-obatan itu hanya omong kosong. Pemberian obat-obatan semacam itu percuma saja, dan tidak bepengaruh apa-apa. Yang penting ciptakan saja lingkungan yang mendidik, yaitu tiga faktor diatas.  Stimulasi positif, memang dapat meningkatkan kecerdasan anak sejak dalam kandungan. Dari stimulasi ini diharapkan keika anak tumbuh, bukan hanya menjadi cerdas, melainkan dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Stimulasi juga dapat menimbulkan kedekatan antara ibu dan anak.

4. Penuhi kebutuhan nutrisi
Kebutuhan-kebutuhan biologis (fisik) berupa nutrisi bagi ibu hamil harus benar-benar terpenuhi. Seorang ibu hamil, gizinya harus cukup. Artinya ,asupan protein, karbohidrat, dan mineralnya terpenuhi dengan baik. Selain itu, seorang ibu hamil tidak menderita penyakit yang akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak dalam kandungannya.

Kebutuhan nutrisi itu sendiri, sebenarnya bukan  hanya ketika ibu mengandung, melainkan ketika ia siap untuk mengandung pun sudah harus memperhatikan gizi, makanan dan komposisi nutrisinya harus lengkap, sehingga ketika hamil, dari segi   fisik sudah siap dan proses kehamilan akan berlangsung optimal secara nutrisi.

5. Penuhi kebutuhan kasih sayang
Bayi dalam kandungan harus mendapat perhatian penuh dan kasih saying yang limpah dari orangtua, secara khusus ibunya. Bila tangki kasih sayang ibu diterima oleh bayi dalam kandungan penuh, ini akan berdampak kepada pertumbuhan dan perkembangan otak bayinya.

Tanpa kasih sayang, tumbuh kembang bayi tidak akan maksimal. Selain itu, tanpa kasih sayang tidak akan mungkin memiliki anak yang cerdas. Oleh sebab itu, cara cerdas memiliki anak cerdas adalah dengan memberikan kasih sayang yang melimpah dari orangtuanya, secara khusus ibunya. Selain itu, ada faktor psikologis yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan bayi, yaitu apakah si ibu hamil menikah secara resmi atau kawin lari.

Pernikahannya direstui atau tidak, dan apakah ada komitmen antara istri dan suami. Tanpa komitmen diantara keduanya, kehamilan itu bisa dianggap mengganggu. Selain komitmen juga harus ada dukungan (support). Tanpa support, walaupun ada komitmen dari suami dan keluarga, namun masih dapat mengurangi perkembanan dan rangsangan kecerdasan bayi dalam kandungan. Jadi, variabel kasih sayang adalah komitmen dengan suami, serta support dari orang tua dan keluarga, sehingga seorang ibu dapat menerima kehamilannya dengan hati tentram.

Post a Comment for "Tips Cara Menghasilkan Anak Cerdas"