Translate

Khasiat Air Susu Ibu Bagi Kesehatan Bayi

Khasiat air susu ibu bagi kesehatan bayi ~ ASI (Air Susu Ibu) sesungguhnya memiliki daya proteksi dan mengandung antibodi bagi bayi. Sejak tahun 1982, literatur medis telah mendata bahwa air susu setiap jenis mamalia termasuk manusia mempunyai daya proteksi terhadap turunannya karena mengandung antibodi terhadap berbagai antigen. 

Manfaat air susu ibu (ASI) bagi tumbuh kembang bayi sangat penting. Itu sebabnya seorang ibu yang memiliki bayi harus memahami manfaat air susu ibu (ASI) bagi kesehatan dan kecerdasan bayinya. Berikut beberapa manfaat air susu ibu (ASI) bagi bayi.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat air susu ibu bagi bayi/anak adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dikatakan demikian, karena air susu ibu (ASI) mengandung berbagai zat proteksi yang dapat melindungi bayi/anak dari berbagai macam infeksi.


2. Menunjang tumbuh-kembang bayi/anak
Manfaat air susu ibu (ASI) adalah sebagai penunjang pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi/anak. Dikatakan demikian, karena air susu ibu (ASI) merupakan makanan yang sempurna dengan kadar nutrien yang seimbang.

3. Bayi/anak mendapat dukungan psikologis
Manfaat air susu ibu (ASI) adalah bayi/anak juga mendapat dukungan psikologis. Artinya, melalui aktivitas atau kegiatan menyusu, bayi/anak mendapat banyak hal lain yang secara psikologis sangat berarti bagi perkembangan perilaku dan kepribadiannya di kemudian hari.

4. Sebagai fasilitas penerima makanan
Manfaat air susu ibu (ASI) adalah dapat memfasilitasi penerimaan makanan padat pada bayi/anak selama masa transisi dari hanya air susu ibu (ASI) ke makanan pendamping dan selanjutnya ke makanan padat. 

Hal ini terjadi karena kualitas sensoris dari air susu ibu (ASI) dipengaruhi oleh diet ibu dan menyebabkan perubahan rasa yang dapat dideteksi oleh bayi. Pengalaman dengan berbagai rasa selama mendapat air susu ibu (ASI) dapat meningkatkan penerimaan pada makanan padat sehingga akan lebih mudah diberi makanan.

5. Mencegah kegemukan/obesitas
Manfaat air susu ibu (ASI) adalah dapat mencegah kegemukan/obesitas. Hal ini disebabkan oleh adanya faktor bio-active di dalam air susu ibu yang dapat menghambat diferensiasi adipocyte. Demikian juga energi yang dimetabolisme serta asupan bayi yang mendapat air susu ibu (ASI) lebih rendah yang secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara asupan protein dengan BMI dan distribusi lemak tubuh. Dengan kemampuan mencegah obesitas dapat diperoleh keuntungan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung dan kardiovaskuler.

Post a Comment for "Khasiat Air Susu Ibu Bagi Kesehatan Bayi"