Translate

5 Jenis Makanan Kaya Gisi Untuk Anak

5 jenis makanan kaya gisi untuk anak ~ Setiap orangtua selalu mengupayakan yang terbaik bagi anak-anak yang dikasihinya. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh orangtua ialah dengan memberikan makanan sehat untuk anak-anaknya. Pemberian makanan sehat bagi anak-anak tentu bertujuan agar anak-anak tumbuh sehat dan kuat, cerdas dan berkarakter mulia. Oleh karena itu, melalui tulisan ini, saya ingin menyajikan makanan sehat untuk anak-anak Indonesia, yang kiranya bermanfaat bagi para orangtua.

1. Agar-agar kelapa muda
Buah kelapa mengandung energi, lemak dan fosfor yang tinggi. Buah kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan kita khususnya anak-anak. Manfaat agar-agar buah kelapa, yaitu memperlancar saluran pencernaan, mengencerkan dahak dan menambah berat badan anak. Air kelapa hijau juga mengandung enzim tanin atau enzim antidotum (anti racun yang tinggi). Enzim ini berguna untuk membuang dan mengurai racun dalam tubuh.

2. Daging ayam goreng tepung
Daging ayam memiliki kandungan niasin yang tinggi. Kandungan niasin yang tinggi ini berguna untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Selain itu, bermanfaat juga untuk menjaga supaya fungsi saraf tetap normal. Daging ayam juga kaya akan protein yang penting untuk membangun, memelihara organ dalam tubuh, jaringan dan saraf otak.


3. Mie bakso
Zat gizi pada bakso sangat variatif. Ini pun tergantung pada bahan baku yang digunakan. Bakso yang banyak memakai daging sapi atau daging ikan, memiliki kadar protein, vitamin dan mineral yang cukup banyak bila dibandingkan dengan bakso urat. Sedangkan bakso yang lebih banyak tepungnya, lebih banyak memiliki kandungan karbohidrat, namun rendah kadar proteinnya. Protein itu sendiri diperlukan oleh anak dalam proses tumbuh kembangnya. Supaya memperoleh zat gizi yang lebih optimal dan seimang, bakso sebaiknya dihidangkan bersama mie, tahu dan sayuran.

4. Udang goreng tepung
Keunggulan dari daging udang adalah memiliki kandungan kalium dan fosfor yang tinggi. Kandungan unsur fosfor dan kalium yang tinggi tersebut sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan tulang pada anak-anak.

5. Bakso kentang
Kentang merupakan bahan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat yang kompleks. Kentang juga mengandung asam amino triptofan. Karbohidrat dan asam amino triptofan berfungsi dalam memacu produksi serotonin dalam otak dan meningkatkan energi. Demikian juga dengan wortel. Daging wortel merupakan sumber vitamin C.

Vitamin C ini diperlukan dalam beragam proses penting, antara lain membuat kolagen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), menyehatkan gusi dan memacu imunitas tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan beta karotennya yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata anak.

Demikian pemaparan tentang makanan sehat untuk anak-anak. Kelima kelompok jenis makanan di atas dapat diperoleh di mana saja. Memang masih banyak jenis makanan sehat untuk anak-anak, namun pada kesempatan ini saya hanya menyajikan lima jenis makanan sehat untuk anak yang kiranya bermanfaat bagi para orangtua yang mencari jenis makanan sehat bagi anak-anak yang disayanginya.

Post a Comment for "5 Jenis Makanan Kaya Gisi Untuk Anak"