Translate

Tips Cara Melatih Anak Supaya Jujur

Tips cara melatih anak supaya jujur ~ Cara efektif buat anak jujur merupakan topik yang dibutuhkan oleh setiap orangtua. Mengapa demikian? Karena topik cara efektif buat anak jujur sering orangtua menggunakan kekerasan untuk memaksa anaknya berkata jujur kepadanya. Namun, cara kekerasan tidak lagi relevan di era postmodern seperti sekarang ini.

Menggali cerita dari anak-anak itu susah-susah gampang. Itu sebabnya tidak sedikit orang tua mengalami kesulitan untuk mendapat informasi yang akurat dari anak-anaknya. Untuk mengatasi kesulitan orangtua dalam menggali informasi dari anak-anaknya, maka pada kesempatan ini akan disajikan cara efektif buat anak jujur.


Menurut Kamala London Newton, profesor psikologi dari Universitas Toledo, Ohio, Amerika Serikat dalam suatu diskusi di Jakarta, mengatakan: "Anak-anak bisa bercerita fakta ketika mereka berkata-kata tanpa disiksa". Hal itu perlu disadari oleh para orangtua, terutama saat menggali informasi menyangkut keselamatan anak. Misalnya dari kekerasan dan pelecehan seksual.

Sayangnya, menurut Newton, banyak orang dewasa lalai menyadari bahwa pikiran anak mudah tercampur-aduk antara satu kejadian dan kejadian lain, plus imajinasi. Cara menggali informasi yang salah membawa anak pada ingatan palsu, bukan kejadian sebenarnya. "Banyak orang menanamkan false memory pada kasus-kasus kekerasan atau pelecehan anak. Kita harus hati-hati untuk mendapatkan cerita jujur dari anak" ujar Newton.

Ada beberapa teknik untuk membuat anak bicara jujur. Menurut Reza Indragiri, ada tiga cara membuat anak bicara jujur, yaitu: dengan menggambar, bermain peran dengan boneka atau wawancara. Tiga cara atau media itu menurut Reza bisa dijadikan petunjuk informasi sepanjang anak menjalaninya tanpa paksaan.

Selain cara di atas, orangtua juga harus memberi ruang luas bagi anak untuk bisa mengekspresikan diri dan perasaannya. Jangan sampai orangtua bertindak serampangan dalam upaya membuat anak berkata jujur. Selanjutnya, orangtua juga harus mampu menciptakan kondisi yang kondusif bagi anak. 

Orangtua tidak boleh panik dan emosional ketika anak-anak tidak bicara seperti yang diharapkan. Orangtua harus mampu mengontrol dirinya (self control), sehingga anak tidak merasa sedang berada dibawah tekanan orangtua. Biarkan anak dengan leluasa menikmati perasaannya dan orangtua harus mampu memotivasi anak agar berkata jujur. 

Post a Comment for "Tips Cara Melatih Anak Supaya Jujur"