Translate

Resep Masakan Ayam Betutu Khas Bali

Resep masakan ayam betutu khas Bali – Setiap daerah di Nusantara kita memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Mulai dari jenis kain tenun, lagu-lagu daerah, panorama alamnya, kebiasaan-kebiasaan hidup yang unik dan yang tidak kalah menariknya ialah jenis makanan dan masakan khas yang beraneka ragam.

Kekhasan dari aspek kuliner di setiap daerah perlu diketahui oleh setiap kita. Salah satu yang akan disajikan dalam tulisan ini, saya memilih resep masakan dari pulau dewata Bali. Salah satu jenis masakan dan makanan yang terkenal dari pulau dewata Bali, yaitu masakan ayam betutu.

Jenis masakan dengan menu utama ayam tentu sudah banyak kita kenal. Dikatakan demikian karena hampir seluruh daerah di Nusantara mempunyai ayam dan sering memakan daging ayam.


Apakah anda termasuk penyuka masakan ayam, kenapa tidak mencoba resep asli nusantara saja? Seperti misalnya masakan ayam betutu khas Bali ini. Yuk coba sendiri resep masakan ayam betutu khas Bali berikut ini.

Bahan:
Resep masakan ayam betutu khas Bali ini menggunakan bahan baku utama yaitu ayam. Kenapa ayam? Karena ayam dari sisi kesehatan dikategorikan sebagai salah satu jenis makanan halal. Selain itu, ayam hampir semua segmen masyarakat menyukainya. Itulah sebabnya kenapa bahan baku utama yang digunakan adalah ayam. Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam betutu khas Bali

1 ekor ayam masih utuh
100 gr daun singkong muda (rebus, peras airnya dan potong-potong)

Bumbu halus:
12 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah cabai merah
4 buah cabai rawit
6 buah kemiri
1 cm lengkuas, memarkan
2 ruas kunyit (4 cm)
1 cm jahe
1 batang serai
1 sdt terasi, bakar
1 sdm ketumbar
1/2 sdt pala
2 cm kencur
garam secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus dengan minyak hingga harum. Angkat.
2. Lumuri ayam yang sudah dibersihkan dengan separuh bumbu halus. Campur singkong yang sudah dipotong-potong dengan bumbu halus dan masukkan ke dalam tubuh ayam.
3. Siapkan pengukus. Lapisi dengan daun pisang dan kukus ayam hingga matang.
4. Angkat dan bakar ayam hingga kesat. Siap sajikan dengan nasi dan sambal.

Post a Comment for "Resep Masakan Ayam Betutu Khas Bali"