Translate

Resep Ayam Bumbu Bali Kaya Rempah

Resep ayam bumbu Bali kaya rempah – Ayam sudah menjadi bahan makanan favorit yang mudah diolah dan dijadikan aneka variasi makanan. Salah satu makanan khas Indonesia yang kental dengan berbagai rempah-rempah yang kuat adalah bumbu Bali.

Dikenakannya nama bumbu Bali karena memang jenis masakan tersebut berasal dari daerah Bali yang dikenal dengan pulau dewata. Mengolahnya masakan tersebut tidaklah rumit. Sangat mudah sekali termasuk bagi mereka masih nembie dalam soal masak-memasak.

Itu sebabnya para bunda di seluruh Indonesia bisa mengolah masakan ayam bumbu Bali untuk menjadi salah satu menu yang disajikan bagi anggota keluarga yang disayangi. Yuk kita buat ayam bumbu bali rumahan yang nikmat dengan resep berikut ini.


Bahan:
Bahan-bahan baku yang digunakan untuk membuat ayam bumbu Bali relatif mudah diperoleh. Bahan-bahan baku tersebut bisa ditemukan mulai dari pasar tradisional sampai ke pasar modern. Tinggal para bunda memilih untuk membelinya di mana saja sesuai selera. Berikut bahan-bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat ayam bumbu Bali.

1 ekor ayam, potong 16 bagian
700 ml air
1 sendok teh gula pasir
3 lembar daun salam
2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
3 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu Halus:
6 buah cabai merah besar
8 buah cabai merah keriting
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sendok teh terasi, dibakar
1 buah tomat

Cara memasak:
Untuk mengolah bahan-bahan baku di atas tidaklah terlalu sulit. Para bunda yang masih nembie pun tentu bisa untuk mengolahnya. Berikut petunjuk-petunjuk yang dibutuhkan untuk mulai mengolah masakan ayam bumbu Bali. Selamat mencoba ya.

1. Panaskan minyak. Masukkan bumbu halus dan daun salam, tumis hingga harum.
2. Masukkan ayam. Aduk hingga berubah warna.
3. Tambahkan garam, gula, dan merica. Aduk rata.
4. Tambahkan air.
5. Masak hingga matang dan meresap.

Post a Comment for "Resep Ayam Bumbu Bali Kaya Rempah"