Translate

Ragam Makanan Sehat Pengganti ASI

Ragam makanan sehat pengganti ASI ~ Secara umum, bayi membutuhkan air susu ibu berlangsung dalam waktu 6 bulan. Setelah melewati rentang waktu 6 bulan tersebut, maka bayi/anak akan membutuhkan makanan lain yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. 

Bayi/anak akan membutuhkan makan bergizi dan nutrizi yang kompleks untuk keperluan otak dan tulangnya. Itu sebabnya, bayi/anak membutuhkan makanan pengganti air susu ibu. Apa saja jenis makanan pengganti air susu ibu?

1. Bahan makanan alami
Jenis makanan pengganti air susu ibu adalah bahan makanan alami. Bahan makanan alami di sini maksudnya ialah jenis makanan yang disediakan oleh alam bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia pada umumnya dan secara khusus kebutuhan bayi.



Alam yang diciptakan oleh Tuhan sesungguh menyiapkan berbagai jenis makanan yang dapat digunakan untuk bahan makanan pengganti air susu ibu. Jenis makanan pengganti air susu ibu dari alam ini diambil dan diolah secara benar, sehingga memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi/anak.

2. Bahan makanan campuran
Jenis makanan pengganti air susu ibu adalah bahan makanan campuran. Maksudnya ialah bahan makanan yang diambil dari alam dan dicampur dengan bahan makanan instan yang dijual dipasar swalayan. Lalu diolah bersama-sama. Tentu cara ini memudahkan para ibu karena sudah diatur jumlah protein dan kalori yang dibutuhkan oleh bayi/anak. Penggunaan jenis makanan campuran ini sangat penting karena kaya akan zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh bayi sebagai makanan pengganti air susu ibu.

3. Bahan makanan tipe baby-led weaning
Jenis makanan pengganti air susu ibu adalah bahan makanan yang variatif. Di sini bayi/anak diberi kebebasan untuk memilih dan merasakan makanan tambahan lainnya. Artinya jenis makanan pengganti air susu ibu ini diolah sedemikian rupa sehingga menambah selera makan bayi/anak. 

Olahannya harus lembek/lunak sehingga memudahkan bayi/anak mengkonsumsinya dengan senang dan sukacita. Jika olahannya kurang tepat akan mempengaruhi selera makan bayi/anak.

Kiranya pemaparan di atas menjadi bahan tambahan bagi para ibu yang akan memberikan bayi/anaknya makanan tambahan pengganti air susu ibu. Selain ketiga jenis bahan makanan pengganti air susu ibu di atas, bunda juga bisa mencari bahan makanan pengganti air susu ibu yang lainnya. 

Post a Comment for "Ragam Makanan Sehat Pengganti ASI"