Translate

Cara Gampang Memberi ASI

Cara gampang memberi ASI ~ Karena begitu pentingnya air susu ibu bagi bayi/anak, maka setiap ibu harus memperhatikan proses pemberian air susu ibu kepada bayi/anak Anda. Hal ini penting, agar asupan susu ke dalam tubuh bayi bisa berlangsung dengan sempurna. 

Sering kegagalan menyusui disebabkan karena kesalahan memosisikan dan melekatkan bayi. Puting ibu menjadi kecet, sehingga ibu jadi segan menyusui, produksi air susu ibu berkurang dan bayi menjadi malas menyusu. Langkah menyusui yang benar adalah sebagai berikut:

1. Cuci tangan dengan air bersih yang mengalir.
2. Perah sedikit air susu ibu dan oleskan ke puting dan aerola sekitarnya. Manfaatnya adalah sebagai desinfektan dan menjaga kelembaban puting susu.
3. Ibu duduk dengan santai kaki tidak boleh menggantung.
4. Posisikan bayi/anak dengan benar.


5. Bayi dipegang dengan satu lengan. Kepala bayi diletakkan dekat lengkungan siku ibu, bokong bayi ditahan dengan telapak tangan ibu.
6. Perut bayi menempel ke tubuh ibu.
7. Mulut bayi berada di depan puting ibu.

8. Lengan yang di bawah merangkul tubuh ibu, jangan berada di antara tubuh ibu dan bayi. Tangan yang di atas boleh dipegang ibu atau diletakkan di atas dada ibu.
9. Telinga dan lengan yang di atas berada dalam satu garis lurus.
10. Bibir bayi dirangsang dengan puting ibu dan akan membuka lebar, kemudian dengan cepat kepala bayi didekatkan ke payudara ibu dan puting serta areola dimasukkan ke dalam mulut bayi.

11. Cek apakah perlekatan sudah benar.
12. Dagu menempel ke payudara ibu.
13. Mulut terbuka lebar.
14. Sebagian besar areola terutama yang berada di bawah, masuk ke dalam mulut bayi.
15. Bibir bayi terlipat ke luar.
16. Pipi bayi tidak boleh kempot (karena tidak menghisap, tetapi memerah air susu ibu (ASI).

17. Tidak boleh terdengar bunyi decak, hanya boleh terdengar bunyi menelan.
18. Ibu tidak kesakitan.
19. Bayi tenang.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap ibu ketika akan memberikan air susu ibu kepada bayi/anak Anda. Jika hal-hal di atas dilakukan dengan benar, maka pasti ibu bahagia, bayi/anak Anda pun tumbuh sehat.

Post a Comment for "Cara Gampang Memberi ASI"