Translate

5 Tips Cara Memberi ASI Bayi Baru Lahir

5 tips cara memberi ASI bayi baru lahir ~ Segera sehabis melahirkan, anda dapat membantu membangun pasokan air susu dan menghindari beberapa masalah yang mungkin akan timbul di awal pertama kali menyusui dengan cara memeluk bayi (sebaiknya kontak kulit dengan kulit) sehingga bayi mempunyai akses yang penuh ke payudara anda, atau menyusuinya sesegera mungkin atau membiarkan bayi mengisap payudara sesering mungkin. 

Sebagian besar bayi yang baru lahir umumnya siap dan berminat menyusu atau mengisap payudara selama satu jam pertama sesudah melahirkan. Manfaatkan saat-saat ini untuk mulai menyusui. Riset menunjukkan bahwa pemberian ASI yang sering dan tidak dibatasi membantu mencegah pembesaran payudara yang nyeri dan memungkinkan terbentuknya pasokan susu dalam jumlah yang besar.

Tindakan menyusui yang pertama kali adalah sesuatu yang spesial. Anda dan bayi mulai mengenal satu sama lain dan mulai membentuk interaksi yang sinkron serta indah yang merupakan karakteristik dari menyusui. Jika anda belum pernah menyusui sebelumnya, teknik pemberian makan ini mungkin tampak menakutkan dan membingungkan pada mulanya. Yakinlah bahwa keterampilan menyusui ini akan membaik bersama dengan berlalunya waktu dan bertambahnya pengalaman.

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan saat pertama kali menyusui:

1. Setelah lahir, bayi harus segera diberi Asi.
Bayi yang baru dilahirkan, hal pertama yang dibutuhkannya ialah air susu ibu. Oleh sebab itu, bayi harus segera mendapat air susu ibu sesegera mungkin. Hal ini penting, karena sebagian besar bayi dalam keadaan terbangun dan lebih punya minat untuk menikmati air susu ibu selama satu jam setelah dilahirkan.


2. Cari lingkungan yang tenang dan sepi.
Bayi yang baru lahir butuh suasana tenang dan sunyi. Suasana rileks semacam itu, selain memberi kenyamanan bagi bayi, juga memberi suasana nyaman bagi ibu karena memungkinkan ibu serta bayi memusatkan diri pada menikmati air susu ibu dan ibupun berfokus pada pemberian air susu kepada bayi Anda.

3. Kosongkan ruangan dari orang-orang yang tidak kompeten.
Pemberian air susu yang pertama kali kepada bayi yang baru lahir, merupakan pengalaman pertama bagi seorang ibu. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu ruang yang memungkinkan ibu dapat leluasa memberi air susu pertama kepada bayinya. Karena itu, demi menjaga privasi, mintalah dengan sopan kepada tamu-tamu lain untuk keluar dari ruangan di mana ibu hendak memberi air susu kepada bayi Anda.

4. Mintalah bantuan kepada ahlinya.
Karena ibu baru pertama kali melahirkan dan juga baru pertama kali belajar memberi air susu ibu kepada bayi Anda, tentu hal ini sedikit sulit bagi ibu untuk melakukannya. Oleh karena itu, tidaklah salah meminta bantuan kepada perawat yang berpengalaman untuk membantu ibu. Dan bila ibu bisa dan merasa percaya diri untuk melakukannya sendiri, berterima kasihlah dan mintalah supaya perawat dapat meninggalkan ibu sendiri bersama bayi Anda.

5. Ambil posisi terbaik.
Carilah posisi yang membuat ibu begitu nyaman untuk menyusui bayi baru lahir. Pakailah bantal untuk menopang lengan dan bayi. Posisi yang nyaman memungkin ibu secara sempurna memberi dan menyusui bayi yang baru lahir.

Demikianlah kelima cara menyusui bayi baru lahir. Kiranya dapat bermanfaat bagi setiap ibu yang baru melahirkan. Selamat menjadi ibu yang baik untuk bayi Anda. 

Post a Comment for "5 Tips Cara Memberi ASI Bayi Baru Lahir"