Translate

Mengapa Beryukur Kepada Tuhan ?

Mengapa bersyukur kepada Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Mazmur 107:1-22. Dalam Mazmur107:1, penulis kitab Mazmur dalam pimpinan Roh Kudus, menulis: “Bersyukurlah kepada TUHAN karena Ia itu baik, karena kasih setia-Nya selama-lamanya!”.

Salah satu pengajaran yang disampaikan baik oleh para nabi dan penulis kitab-kitab di Perjanjian Lama maupun para rasul dan penulis kitab-kitab di Perjanjian Baru yaitu tentang mengucap syukur kepada Allah. Pengajaran dan ajakan untuk bersyukur kepada Tuhan selalu dikumandangkan oleh para nabi dan para rasul dalam pengajaran mereka.

Dalam kutipan firman Tuhan di atas, pemazmur mengajak pembacanya baik dalam konteks dekat pada saat itu maupun dalam konteks jauh yaitu pada masa kini untuk senantiasa mengucap syukur kepada Allah. Dari firman Allah yang ditulis oleh pemazmur, kita menemukan ada alasan kuat untuk bersyukur kepada Tuhan.

Nah, pertanyaannya ialah apa saja alasan utama yang membuat kita harus bersyukur kepada Tuhan? Berdasarkan firman Tuhan itu, maka ada beberapa hal yang menjadi alasan kuat bagi kita untuk bersyukur kepada Tuhan, yaitu:

Satu, Tuhan itu baik kepada kita. Kebaikan Tuhan yang paling mendasar buat kita ialah Dia mengasihi kita dengan kasih yang sempurna. Bukti Allah mengasihi kita ialah Dia mengutus Tuhan Yesus Kristus datang ke dalam dunia untuk menyelamatkan kita dari hukuman atas dosa dan kejahatan kita. Melalui pengorbanan Tuhan Yesus di atas kayu salib, kita menerima pengampunan dan hidup yang kekal.

Dua, Tuhan dan kasih setia-Nya bagi kita tidak pernah berkesudahan. Dalam kasih dan kesetiaan-Nya, Tuhan menjaga, melindungi, memelihara dan memberkati hidup kita. Oleh kasih setia-Nya semua usaha dan karya kita dibuat-Nya berhasil dan beruntung. Itulah sebabnya kita mau tidak mau harus menaikan ucapan syukur kita kepada Tuhan setiap saat.


Tentunya kita semua sudah terbiasa dengan mekanisme mengakses suatu aplikasi pada telepon pintar kita, bukan? Untuk dapat masuk dan menggunakan suatu aplikasi, dibutuhkan kata sandi yang tepat.

Kata sandi yang tepat ini memberi kita izin untuk mengakses semua layanan dan fasilitas yang ditawarkan, sehingga memudahkan pekerjaan sehari-hari kita. Sebaliknya, jika kita memasukkan kata sandi yang salah, kita dapat kehilangan akses atasnya.

Sungguh beruntung, raja Daud sudah mengajarkan kepada kita dalam kitab Mazmur 100:4, bahwa kata sandi untuk masuk ke pintu gerbang Tuhan adalah ucapan syukur. Dengan mengucap syukur, kita memiliki kunci untuk masuk ke dalam bait-Nya dan juga mengakses segala kuasa mujizat-Nya dalam hidup kita.

Untuk setiap kebaikan-Nya, pujikan "Terima kasih Yesus." Setiap kali Dia mendengar doa kita dan memberikan mujizat, serukan, "Ajaib Kau Tuhan, syukur bagi-Mu!" Bahkan dalam kondisi yang sepertinya tidak baik pun, kita tetap berkata, "Terima kasih Tuhan, Engkau Bapaku yang baik, rencana-Mu baik adanya, Engkau turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan dalam hidupku, sejuta syukur bagi-Mu Tuhan!"

Ketahuilah bahwa tak sedetik pun Tuhan lalai akan hidup kita, seperti ada tertulis "Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel (Mzm. 121:4)". Dia mengetahui apa yang kita alami dan apa yang kita butuhkan.

Dia mendengarkan doa-doa dan setiap perkataan hati kita. Sebelum membangkitkan Lazarus, Yesus pun berkata, “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.” Oleh sebab itu, saat kita membangun pondok Daud, ucapkan syukur dalam segala hal, sehingga hati-Nya semakin disukakan. Segala yang kurang dalam kebutuhan kita akan dicukupkan dan segala yang sudah “mati” dalam hidup kita akan dibangkitkan kembali dalam Tuhan!

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Setiap kali kita datang kepada Tuhan, pastikan ada UCAPAN SYUKUR YANG BERLIMPAH-LIMPAH, yang begitu banyaknya, yang berjuta-juta bagi Tuhan.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menyadari setiap pertolongan dan proteksi Tuhan atas hidup Anda hari ini? Sebutkan!
2. Mengapa Anda perlu datang dengan ucapan syukur yang berlimpah-limpah kepada Tuhan?
3. Apa yang menjadi deklarasi syukur Anda untuk menyukakan hati-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, mampukan kami untuk dapat mengerti segala turut campur tangan-Mu dalam setiap detik yang kami lalui hari ini, baik itu perkara kecil maupun besar. Ajari kami untuk mengucap syukur atasnya sehingga kami dapat mengakses bait suci-Mu yang memberi kuasa dan kemenangan dalam setiap pergumulan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Post a Comment for "Mengapa Beryukur Kepada Tuhan ?"