Translate

4 Tips Cara Supaya Air Susu Ibu Bisa Banyak

4 tips cara supaya air susu ibu bisa banyak ~ Air susu ibu sangat penting bagi tumbuh kembang seorang bayi. Namun, faktanya ada saja ibu-ibu yang mengalami kesulitan berkaitan dengan air susunya yang sangat dibutuhkan oleh bayi/anaknya. Problem yang acap kali dialami dan dirasakan oleh para ibu yang menyusui ialah rendahnya produksi air susu ibu. Problem tersebut turut mempengaruhi asupan air susu ibu bagi bayi/anak yang menyusui. 

Banyak ibu yang tidak mengetahui cara memperbanyak air susu ibu. Itu sebabnya, banyak ibu yang mengambil jalan keluar dengan menggunakan susu tambahan bagi bayi/anaknya sebelum waktunya mereka mengkonsumsi susu formula. 

Kondisi itulah yang memicu banyak ibu mencari cara memperbanyak air susu ibu, sehingga bayi/anak yang lagi menyusui kebutuhannya akan air susu ibu selalu terpenuhi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu yang sedang menyusui.

1. Berpikir positif
Berpikir positif adalah cara ampuh untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Kebanyakan ibu-ibu selalu berpikir negatif ketika air susu atau produksi Asinya sedikit. Akibatnya, ibu-ibu tidak percaya diri, sehingga menyebabkan penurunan daya hormon yang memacu produksi air susu ibu. 

Jadi, selalulah berpikir positif bahwa air susu ibu selalu banyak, sehingga dengan perasaan semacam itu, ibu bisa tenang dan hormon pun bekerja dengan optimal untuk memompa produksi air susu ibu yang melimpah.


2. Membersihkan puting lalu memijat
Hal itu dilakukan supaya jalan keluar air susu ibu terus lancar. Kadang karena tidak melakukan pembersihan, menyebabkan puting mengalami sumbatan sehingga aliran air susu kepada bayi/anak terhambat. 

Selain membersihkan puting, lakukan juga pijatan lembut pada area payudara. Tujuannya untuk memperlancar peredaran darah. Gunakan baby oil dalam pembersihan puting susu dan pemijatan di area payudara ibu.

3. Berikan bayi Anda Asi secara rutin
Bayi/anak membutuhkan air susu ibu paling tidak 2-3 jam. Entah malam atau siang. Oleh karena itu, para ibu yang menyusui lakukanlah pemberian air susu ibu kepada bayi/anak secara rutin. Jangan sampai menunda. 

Tubuh ibu senantiasa memproduksi air susu sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi, usahakanlah dengan memberikan bayi/anak Anda air susu sesering mungkin. Ini bisa membuat produksi air susu ibu tetap berjalan lancar. Prinsipnya ialah ada yang masuk dan ada yang harus dikeluarkan.

4. Gunakan pompa
Gunakan pompa setiap kali selesai memberikan air susu ibu kepada bayi/anak Anda. Tidak perlu mencemaskan berapa banyak air susu ibu yang didapat karena tujuan memompa adalah untuk meningkatkan produksi air susu ibu.  

Post a Comment for "4 Tips Cara Supaya Air Susu Ibu Bisa Banyak"