Translate

Ini Tanda Tanda Anak Yang Sehat

Ini tanda tanda anak yang sehat ~ Apa sesungguhnya tanda-tanda atai ciri-ciri anak yang sehat? Pertanyaan ini tentu wajar karena memang anak yang sehat itu bisa dikenal dari ciri-cirinya. Hal ini penting agar orangtua dapat mengetahui apakah anaknya sehat atau memerlukan penanganan yang lebih spesifik. Tidak semua orangtua dapat mengenal secara khusus ciri-ciri anak yang sehat.

Orangtua hanya melihat bahwa anaknya tumbuh dengan baik, normal dan tidak ada gangguan fisik lainnya. Pengetahuan orangtua mengenai ciri-ciri anak yang sehat hanya sebatas itu saja. Artinya hanya secara umum. Pada hal, mengenal ciri-ciri anak yang sehat itu harus diketahui oleh orangtua secara komprehensif.

Karena kurangnya pengenalan orangtua terhadap ciri-ciri anak yang sehat, menyebabkan banyak anak Indonesia tumbuh secara alamiah saja. Lebih dari itu, anak Indonesia pun mengalami tekanan psikologis sehingga mereka tidak menampakkan diri sebagai anak yang sehat.

Berikut ini akan disajikan ciri-ciri anak yang sehat yang kiranya akan membantu orangtua untuk menambah pengetahuan dan pengenalannya terhadap anak yang sehat itu bagaimana.

Pemerintah pun sangat  serius memperhatikan kehidupan anak-anak Indonesia secara komprehensif. Prioritas utama pemerintah ialah bagaimana supaya anak-anak Indonesia menjadi anak-anak yang sehat jiwa dan raganya. Karena anak-anak Indonesia yang sehat akan menentukan masa depan bangsa dan negara Republik Indonesia di masa yang akan datang.


Sejalan dengan program pemerintah untuk menciptakan anak-anak Indonesia yang sehat, sebenarnya bukan saja sepenuhnya tanggung jawab pemerintah. Tanggung jawab utama ada di tangan orangtua dari anak-anak Indonesia sendiri. Peran orangtua dalam menciptakan anak-anak sehat juga sangat menentukan.


Ciri-ciri anak sehat tidak hanya dilihat dari segi fisik, namun segi psikis dan segi sosialisasi. Menurut Departemen Kesehatan RI ciri anak sehat ada 9, yaitu:

1. Ciri anak sehat ia akan tumbuh dengan baik,  yang dapat dilihat dari naiknya berat badan dan tinggi badan secara teratur dan proporsional.
2. Tingkat perkembangannya sesuai dengan tingkat umurnya. Artinya, anak mengalami tumbuh-kembang yang seimbang.
3. Tampak aktif atau gesit dan gembira. Artinya, anak dapat beraktivitas fisik dan sosial yang seimbang.
4. Mata bersih dan bersinar.
5. Anak sehat nafsu makannya baik.
6. Bibir dan lidah tampak segar.
7. Pernapasan tidak berbau.
8. Kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering.
9. Ciri anak sehat lainnya, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Secara sederhana, ciri anak sehat dilihat dari segi fisik, psikis dan sosialisasi adalah:
1. Dilihat dari segi fisik ditandai dengan sehatnya badan dan pertumbuhan jasmani yang normal. Artinya tumbuh-kembang dari organ-organ fisiknya berjalan sebagaimana mestinya.

2. Segi psikis, anak yang sehat itu jiwanya berkembang secara wajar, pikiran bertambah cerdas, perasaan bertambah peka, kemauan bersosialisasi baik. Artinya, anak itu secara intelektual berkembang, kepeduliaan terhadap lingkungan bertambah dan selalu ingin berbagi atau bergaul dengan sesamanya.

3. Dari segi sosialisasi, anak tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Post a Comment for "Ini Tanda Tanda Anak Yang Sehat"