Translate

Bagaimana Supaya Anak Indonesia Sehat

Bagaimana supaya anak Indonesia sehat ~ Tantangan terhadap anak Indonesia akhir-akhir ini semakin meningkat. Bencana alam yang terus terjadi menimpa anak Indonesia, krisis ekonomi yang berkepanjangan, perubahan iklim yang sangat ekstrim dan juga bermunculannya berbagai jenis penyakit ganas menjadi tantangan besar bagi anak Indonesia.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara yang tepat supaya anak Indonesia tetap hidup sehat. Memang Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan potensi alamnya. Sumber daya alam yang melimpah merupakan salah satu anugerah Tuhan bagi anak Indonesia. Namun, seumber daya alam itu belum secara optimal dimanfaatkan untuk kesejahteraan bangsa Indonesia, khususnya kesejahteraan hidup anak Indonesia. Bagaimana caranya supaya anak Indonesia bisa sehat?

1. Pola hidup orangtua
Anak Indonesia bisa hidup sehat dimulai dari lingkungan terdekatnya. Lingkungan terdekat anak ialah orangtuanya. Rata-rata orangtua anak Indonesia, memiliki kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan. Contohnya ialah orangtua yang perokok.

Pola hidup semacam itu tentu berdampak negatif terhadap kesehatan anak. Oleh karena itu, orangtuan harus stop merokok bila ingin melihat anak-anaknya hidup sehat. Pola hidup sehat yang dilakukan oleh orangtua tentu berdampak positif terhadap kesehatan anak-anaknya.

2. Penuhi kebutuhan anak secara holistik
Banyak orangtua yang tidak memperhatikan kebutuhan anak secara holistik. Tetapi sebaliknya orangtua justru memperhatikan apa yang menjadi keinginan anak. Pada hal semua keinginan anak itu belum tentu dibutuhkannya. Oleh sebab itu, supaya anak tumbuh sehat, orangtua bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan holistik anak-anaknya.


Kebutuhan holistik anak-anak, ialah jasmani, dan spiritual. Tiga dimensi kebutuhan tersebut harus dipenuhi oleh orangtua bagi anak-anaknya. Kebutuhan jasmani berupa, kesehatan, pendidikan, makanan yang bergisi, sosial-ekonomi. Kebutuhan spiritual adalah hubungan anak dengan Tuhan. Semua itu akan membentuk anak menjadi anak yang sehat baik jasmani maupun rohani.

3. Penuhi kebutuhan psikis anak
Anak Indonesia sehat, bukan saja ditentukan dan terpenuhinya kebutuhan jasmani dan rohaninya. Tetapi juga kebutuhan psikis anak harus terpenuhi. Apa saja kebutuhan psikis anak? Pertama, kasih sayang. Anak yang sehat secara psikis adalah anak yang tangki cinta terpenuhi.

Dan hal itu anak peroleh dari kedua orangtuanya. Kedua, penghargaan. Anak harus mendapat penghargaan oleh orangtua setiap kali ia berhasil melakukan sesuatu. Bila anak mendapatkan penghargaan oleh orangtuanya, maka iapun akan tumbuh menjadi pribadi yang menghargai orang lain. Ketiga, motivasi. Anak membutuhkan dukungan orangtua dalam hidupnya.

Tentu dukungan yang positif. Orangtua harus memotivasi anak-anaknya untuk melakukan yang terbaik dalam hidupnya. Keempat, keteladanan. Anak membutuhkan figur yang dapat diteladani perkataan dan perbuatannya. Dan ini harus diperoleh anak dari orangtuanya. Oleh karena itu, orangtua harus menjadi rule model bagi anak-anaknya yang bisa diikuti.

Apa yang sudah dipaparkan di atas, merupakan hal-hal mendasar yang menentukan anak Indonesia sehat. Orangtua memiliki andil besar dalam menghadirkan anak Indonesia sehat. Caranya dengan menjaga pola hidup sehat dan mempraktekkan dalam keluarga. Lalu orangtua juga harus memenuhi kebutuhan anak-anaknya secara holistik. Dan perlu juga memenuhi kebutuhan psikis anak. Dengan begitu, akan hadir generasai-generasi penerus yang sehat.

Post a Comment for "Bagaimana Supaya Anak Indonesia Sehat"