Translate

5 Tips Cara Supaya Anak Sehat Dan Kuat

5 tips cara supaya anak sehat dan kuat ~ Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, tentu memiliki masalah kompleks secara khusus masalah kesehatan. Angka kelahiran ibu di Indonesia cukup tinggi. 

Berdasarkan statistik, bagi Indonesia kelahiran bayi sebanyak 4.415.122 bayi lahir setiap tahunnya. Namun, dari 1000 kelahiran 35 bayi meninggal sebelum mencapai usia satu tahun. Bayi yang lahir dan hidup sampai usia dewasa tentu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Bagaimana caranya agar anak tumbuh sehat dan kuat sampai usia dewasa dan produktif?

1. Beri gizi yang seimbang
Gizi yang seimbang sangat dibutuhkan oleh anak dalam tumbuh-kembangnya. Oleh karena itu, orangtua harus bertanggung jawab untuk memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan oleh anak-anak. Bila anak-anak tidak mendapatkan gizi yang seimbang, maka pertumbuhan dan perkembangannya pun akan terganggu. 

Gizi seimbang bisa diberikan dengan cara orangtua memberikan anak-anaknya makan buah, sayur-sayuran dan biji-bijian yang cukup kepada anak-anaknya. Ini merupakan salah satu cara agar anak-anak tumbuh sehat dan kuat.

2. Batasi pemberian minuman yang manis
Susu milk adalah produk yang paling digemari oleh anak-anak. Juga menjadi kebutuhan yang selalu disediakan oleh orangtua bagi anak-anaknya. Susu milk kotak adalah minuman idola yang praktis digunakan. 


Namun, karena kadar gulanya tinggi pada susu, maka orangtua wajib untuk selalu waspada dan jangan terlalu memberikan susu milk kotak kepada anak-anaknya. Orangtua harus bisa membatasi anak-anaknya mengkonsumsi susu. Sebaliknya orangtua memotivasi anak untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak.

3. Menerapkan puasa
Penerapan puasa kepada anak merupakan salah satu bentuk untuk membentuk anak agar tumbuh sehat dan kuat. Puasa di sini harus diatur waktunya. Artinya, puasa terhadap makanan-makanan tertentu dan memperbanyak konsumsi jenis makanan yang lebih memberi nutrisi kepada anak-anak. Dengan puasa yang dilakukan secara teratur dan terjadwal dengan baik, akan membantu tubuh dalam metabolismenya. 

4. Jangan paksa anak makan bila tidak lapar
Orangtua acap kali memaksakan kehendaknya kepada anak supaya makan. Padahal anak sebenarnya tidak lapar. Oleh karena itu biasakan anak untuk makan saat dia lapar dan biasakan juga anak untuk berhenti makan saat sudah kenyang. Ini menjaga kualitas hidup anak-anaknya.

5. Beri apresia kepada anak saat dia berhasil
Tawarkan kepada anak apresiasi yang akan diberikan kepadanya. Tujuan supaya anak mengetahui apa yang dibutuhkan dan bukan apa yang diinginkannya. Apresiasi penting diberikan kepada anak atas keberhasilan yang dicapainya.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan kepada anak-anak oleh orangtua. Semua upaya di atas, bertujuan untuk membuat anak tumbuh sehat dan kuat. Imun tubuhnya akan kuat menahan serangan kuman, virus dan bakteri yang mencoba untuk menyerangnya.

Post a Comment for "5 Tips Cara Supaya Anak Sehat Dan Kuat"