Translate

Resep Ikan Pindang Khas Jepara

Resep ikan pindang khas jepara – Kuliner khas daerah-daerah di Indonesia memang sangat beragam bukan saja beragam tetapi juga memiliki tekstur dan citarasa khas dari daerah masing-masing. Salah satu jenis kuliner yang menggiurkan dan menambah selera makan ialah ikan pindang.

Pada kesempatan kali ini akan disajikan resep ikan pindang khas Jepara.Jepara adalah salah satu wilayah yang ada di Jawa Tengah. Selayang pandang kita mengenal dulu kota Jepara. Menurut catatan dalam Wikipedia dijelaskan tentang kota Jepara demikian: “Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah yang bagian barat dan utaranya dibatasi oleh laut.

Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yakni gugusan pulau-pulau di laut jawa. Dua pulau terbesarnya adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan.

Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam Cagar Alam Laut Karimunjawa. Penyeberangan ke kepulauan ini dilayani oleh kapal ferry yang bertolak dari Pelabuhan Jepara. Karimunjawa juga terdapat Bandara Dewandaru yang didarati pesawat dari bandara Ahmad Yani Semarang”. Itulah selayang pandang tentang kota Jepara. 

Resep ikan pindang khas Jepara patut para bunda coba untuk menu sajian berbuka bersama dengan keluarga. Citarasa yang sedang dan gurih menjadikan pindang serani dari jepara ini layak menjadi menu favorit bunda. Pindang serani dari Jepara ini baik disajikan dalam semua moment yaitu makan pagi, siang, malam. Pindang serani dari jepara ini akan semakin nikmat rasanya bila disantap bersama lalapan daun kemangi.

Resep ikan pindang khas Jepara
Resep ikan pindang khas Jepara memang beragam bahan bakunya. Semua bahan baku untuk membuat ikan pindang khas Jepara ini dapat bunda peroleh di pasar-pasar swalayan dan juga pasar-pasar tradisional. Semua banah baku yang dibutuhkan untuk membuat ikan pindang khas Jepara ini tidak sulit ditemukan. Adapun bahan-bahan dimaksud, yaitu:



Bahan-bahan:
5 ekor ikan bandeng  atau ikan kembung (usahakan yang masih segar)
6 siung bawang putih
3 siung bawang merah
8 buah cabe rawit atau sesuai selera
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas dihaluskan
3 lembar daun salam
1 tangkai serai
10 biji buah asem
1 buah tomat hijau
1 sendok teh garam (secukupnya sesuai selera)
1/2 sendok teh gula pasir (sesuai selera)
1 ikat daun kemangi segar
1 buah jeruk nipis
1/2 ruas kunyit

Cara mengolah ikan pindang khas Jepara
Setelah para bunda memperoleh bahan-bahan sebagaimana sudah dijelaskan atau dipaparkan di atas, maka semua bahan tersebut akan diolah untuk menghasilkan menu ikan pindang khas Jepara. Berikut cara-cara atau tahap-tahap membuat atau mengolah ikan pindang khas Jepara, yaitu: 

1. Pertama bersihkan dulu sisik ikan hingga bersih, lalu rendam dengan air perasan jeruk nipis kira-kira sekitar 15 menit agar bau amis ikan hilang.
1. Iris-iris bawang merah, bawang putih, cabe rawit (sisakan sebagian), buah asem, tomat hijau, lengkuas dan serai digeprek
2. Kemudian tumis bahan yang diiris dan tambahkan daun salam, lengkuas serta serai hingga mengeluarkan bau harum, lalu tambahkan air secukupnya dan masukan buah asem dan tomat hijau.
3. Setelah itu masukan ikan lalu diamkan hingga airnya mendidih, lalu tambahkan garam, gula, cabe rawit dan (jahe dan kunyit yang diparut)
4. Jika sekiranya sudah matang dan rasanya sudah sesuai selera, silakan angkat lalu hidangkan dalam keadaan panas hangat dengan ditumpangi daun kemangi segar di atasnya.

Demikianlah sekelumit resep pindang serani dari jepara dapat disajikan dalam tulisan kali ini. Kiranya resep ini menambah koleksi resep masakan para bunda di rumah dan sekaligus bisa menjadi menu favorit dalam keluarga bunda semuanya. Selamat mencoba dan rasakan kejutannya dari resep pindang serani dari jepara ini.

Post a Comment for "Resep Ikan Pindang Khas Jepara"