Translate

Yesus Datang Membawa Damai Sejahtera Part 2

Yesus datang membawa damai sejahtera ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Injil Lukas 2:8-20. Kelahiran Yesus sebagai raja Damai, untuk mem-bangun kerajaan Damai dengan keadilan dan kebenaran telah dinubuatkan 700 tahun sebelum kelahiran Kristus oleh nabi Yesaya. Baca part 1: DI SINI.

Kedua, siapa yang bertelinga. Ini berbicara mengenai semua orang
Dalam mendengar berita mengenai Yesus kita menemukan tiga kebenaran:

Pembawa berita
Pembawa berita mengenai kelahiran Yesus adalah malaikat Tuhan, tidak disebutkan siapa dia (apa-kah Gabriel, Mikhael atau malaikat yang lain). Pembawa berita ini memberi dampak kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka. Menunjukkan bahwa malai-kat yang membawa berita adalah malaikat yang kudus, penuh dengan kemuliaan Allah, tanpa dosa. Dan keberadaan mereka memberi dampak ketakutan bagi para gembala.

Isi berita:
Memberikan ketenangan (ay. 10)
Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa”.  Ketenangan dialami, bahwa berita ini adalah berita bagi mereka yang memberi kesukaan untuk seluruh bangsa”. 

Para gembala jelas merasa terhormat, orang-orang kecil, yang disampaikan berita kesukaan untuk seluruh bang-sa. Orang kecil, yang diberitahukan berita yang besar. Bukankah memberi dampak sukacita.


Memberi harapan (ay. 11)
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.  Berita pengharapan itu adalah telah lahir bagimu juruselamat yakni Kristus, Tuhan di kota Daud.  Berita mengenai kelahiran Yesus sebagai juruselamat dunia adalah pengharapan bangsa-bangsa “kesukaaan besar untuk seluruh bangsa”.

Ini telah diungkapkan oleh Allah dalam perjanjian kepada Abraham, olehmu semua bangsa memperoleh berkat.[1] Israel dipilih secara khusus untuk mewujudkan janji itu. Berita mengenai kelahiran Yesus telah diungkap jauh sebelum Yesus lahir, bahkan da-lam nubuatan Yakub kepada Yehuda pun telah diungkapkan. Bahwa melalui keturuan Yehuda ada raja yang akan memerintah dunia ini.[2] Nabi Yesaya menyebutkan nama dan jabatannya.[3] Nabi Mikha menyebutkan tempat kelahiranNya.[4]   Pengharapan akan raja yang membebaskan Israel dari penjajahan bangsa Romawi, jelas menjadi pengharapan orang-orang kecil.

Memberi kepastian (ay. 12)
Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.". Berita yang dibawa oleh Malaikat memberi kepastian akan kela-hiran Yesus,  ia lahir dan diterbaring di dalam palungan. Apakah itu ditempat domba-domba mereka tidak dije-laskan. Namun kepastian ada bahwa Ia yang lahir ada dikandang binatang.

Tanggapan terhadap berita (ay. 13-14)
Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, ka-tanya: 2:14 "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."

Tanggapan terhadap berita mengenai kelahiran Yesus, sang juruselamat dunia memperoleh tanggapan langsung dari  sejumlah besar bala tentara sorga (para malaikat) dengan pujian yang menyatakan dampak dari kelahiran Yesus itu yakni :
Membawa  kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi
Damai seyahtera di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.

Sumber: Pdt. Dr. Yunus Laukapitang





[1] Kejadian 12:1-3, “Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 12:2 Aku akan membuat eng-kau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. 12:3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."
[2] Kejadian 49:10, “ Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa”.
[3] Yesaya 9:5-6, “9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. 9:6 Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini. Yesaya 7:14,“Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
[4] Mikha 5:1, “ Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala”.

Post a Comment for "Yesus Datang Membawa Damai Sejahtera Part 2"