Translate

Yesus Datang Membawa Damai Sejahtera Part 1

Yesus datang membawa damai sejahtera ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Injil Lukas 2:8-20. Kelahiran Yesus sebagai raja Damai, untuk mem-bangun kerajaan Damai dengan keadilan dan kebenaran telah dinubuatkan 700 tahun sebelum kelahiran Kristus oleh nabi Yesaya.

Dalam Yesaya 9:5-6 “ Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.  Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kera-jaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-la-manya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini”

Kondisi ketika Yesus hadir secara sosial, ekonomi, dan politik kedamaian begitu jauh karena kondisi Israel pada waktu itu ada dalam jajahan bangsa Romawi. Praktek pajak, cukai menjadi kondisi umum masyarakat. dijelaskan: Donald B. Kraybill, juga menjelaskan mengenai ke-adaan kemiskinan yang ada di Palestina dengan menye-butkan:

Kelas atas yang kecil mencakup 10 persen atau kurang dari keseluruhan penduduk. Mereka adalah para pemilik tanah, kaum bangsawan karena keturunan, para biokrat yang diangkat, para imam kepala, pedagang, pejabat pe-merintahan, serta berbagai karyawan  lainnya yang mela-yani kebutuhan kelas yang berkuasa. Selebihinya mung-kin 90 persen atau lebih tergolong kelas bawah. Hidup-nya sangat susah, cukup untuk makan saja. Mereka juga bergantung pada cuaca, bahaya kelaparan, wabah, se-rangan  perampok dan perang.[1]


Kelompok sosial bagian bawah ini masih dibagi atas beberapa strata sosial lagi. Lebih lanjut, ia menulis: Di golongan bawah terdapat beberapa sub kelompok yang berbeda. Di bagian atas terdiri dari para pengrajin, tukang kayu, tukang batu dan pedagang. Akan tetapi se-bagian besar adalah petani. Beberapa dari mereka ada-lah petani  sewa atau petani bagi hasil di tanah yang luas kepunyaan para pemilik tanah yang tinggal di daerah lain, yang lain mengolah tanahnya sendiri. Ada lagi yang be-kerja di mana-mana saja sesuai kebutuhan orang. Pada garis yang terbawah ialah orang-orang  yang terlibat pe-kerjaan “najis” seperti misalnya, mewarnai kulit. Di garis finansial yang  terbawah adalah para petani yang  diusir dari tanahnya, para gelandangan, penderita kusta jumlah mereka yang terbuang ini ada kira-kira 10 persen. [2]

Keadaan ini bertambah buruk dengan adanya berbagai pajak dan cukai yang diberlakukan oleh ke-rajaan Romawi. “ Ke-banyakan para ahli berpendapat bahwa 30 sampai 70 persen dari penghasilan setahun para petani akhirnya jatuh ke tangan pelbagai pemungut pajak dan kreditur.”[3] Dalam situasi sosial, ekonomi dan politik yang menekan kehidupan orang miskin be-rita mengenai adanya juruselamat, memberi harapan baru.

Dalam Teks Lukas 2:8-20; Dan Efesus 2:17[4] . Kita akan belajar bagaimanaYesus datang untuk memberitakan damai sejahtera itu dapat terwujud dalam kehidupan pribadi, keluarga, masya-rakat, maupun suatu bangsa.

1. Berita itu harus di dengar (Lukas 2:8-14)
Dalam peristiwa Natal Yesus Kristus, Malaikatlah yang membawa berita damai itu, "hari ini telah lahir bagimu, juruselamat, yaitu Kristus di Kota Daud".  Berita ini yang didengar itu adalah berita penggenapan perjanjian yang  telah dinubuatkan ratusan tahun sebelum kedatangannya.

Bahkan merupakan penggenapan Perjanjian yang diikat oleh Abraham[5] dan keturunannya bahwa olehmu semua bangsa memperoleh berkat. Berkat apa, berkat damaiseyahtera/keselamatan itu. Abraham-Ishak- Yakub-Yehuda-Daud-Yusuf dan Maria (42 generasi). Ia adalah juruselamat dunia siapa yang mendengar.

Pertama, para gembala. orang-orang kecil dalam masyarakat saat itu.


Sumber: Pdt. Dr. Yunus Laukapitang

[1]Donald B. Kraybill, Kerajaan Yang Sungsang (Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1993), 63.
[2] Ibid., 63.
[3] Ibid., 68.
                [4] Efesus 2:17, “ Ia datang dan memberitakan damai sejahtera ke-pada kamu yang "jauh" dan damai sejahtera kepada mereka yang "dekat",
                [5] Kejadian 3:15; 12:1-3

Post a Comment for "Yesus Datang Membawa Damai Sejahtera Part 1"