Translate

Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Menguasai Hati Kita Part 2

Hendaklah damai sejahtera Kristus menguasai hati kita ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat Tuhan yang ada di kota Kolose, yaitu Kolose 3:5-17. Dalam Kolose 3:15, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan damai sejahtera, menulis demikian: "Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatim, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah".

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: "Apa untungnya ketika damai sejahtera Kristus menguasai hati kita?" Berdasarkan catatan yang ada di dalam Alkitab, maka ada beberapa keuntungan ketika damai sejahtera Kristus menguasai hati kita, yaitu:

1. Kita tetap menikmati kesukaan besar di tengah kesukaran

Dunia ini penuh dengan berita-berita yang menakutkan, berita kesusahan, berita peperangan,berita gosip, bencana Alam, sakit penyakit, kecelakaan, kelaparan, krisis global, berita kesusahan tetapi saudara tidak perlu takut karena ada satu berita kesukaan besar, kabar baik, berita kemenangan, berita kepastian keselamatan, berita tentang kelahiran Yesus Kristus.

Kelahiran Yesus membuat hidup kita jadi berarti, dosa diampuni dan kita mendapat hidup kekal, di dalam Dia kita menjadi ciptaan yang baru sehingga kita menjadi berharga dimata Tuhan.


Kelahiran Yesus memberi teladan buat kita yaitu Kasih yang sempurna. Hadirkanlah Yesus dihati saudara maka Saudara akan memberi dampak bagi dunia ini dengan menjadi garam dan terang dunia ini. Kelahiran Yesus berarti kita harus melahirkan jiwa-jiwa untuk Kerajaan Sorga. Kelahiran Yesus membawa keajaiban dan melepaskan kita dari ketakutan.

2. Kita tetap mengucap syukur sekalipun tidak ada alasan untuk bersyukur
Rasul Paulus menulis terkait dengan sikap mengucap syukur, demikian: "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu" - 1 Tesalonika 5:18. Sebagai orang percaya kita harus mengucap syukur karena Allah kita sangat dekat dengan kita. Allah lebih besar dari segala kesukaran kita. Allah sanggup untuk mengubah kesukaran kita menjadi berkat besar bagi hidup kita.

Baca juga:
Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Menguasai Hati Kita Part 1
Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Menguasai Hati Kita Part 3

Dia Allah yang mengerti kesulitan kita, Dia Allah yang merasakan kelemahan kita dan Dia Allah yang turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia (Roma 8:28). Dia Allah yang beserta kita (IMANUEL).  Tuhan Yesus berjanji bahwa Dia akan menyertai kita sampai akhir Zaman (Matius 28:20b).

Tuhan Yesus adalah Allah yang setia menemani kita dalam suka maupun duka, karena itu kita tidak perlu takut. Jangan takut terhadap goncangan, tantangan, masalah dan cobaan karena Yesus sanggup memberikan jalan
keluar disaat tidak ada jalan .

Jangan takut dengan penyakit katakan dengan imanmu oleh bilur-bilurNya saya disembuhkan. Jangan takut terhadap kegagalan karena Dia Allah yang memberikan Kemenangan dan Keberhasilan. Jangan takut dengan masa depanmu yang tidak pasti karena Dia selalu memberikan damai sejahtera dan hari
depan yang penuh harapan.

Jangan takut terhadap kekurangan karena dia Allah yang mencukupi dan Allah yang memberikan kita hidup dalam segala kelimpahan. Jangan takut terhadap kematian karena mati adalah keuntungan, kita akan mendapat mahkota kehidupan
serta hidup yang kekal. Obat takut adalah percaya pada Allah (Mazmur 56:4). Sehelai rambutpun tidak akan gugur tanpa seizin Tuhan.

3. Kita tetap merasakan pemeliharaan dari Tuhan
Penulis kitab Mazmur menulis: "TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya" - Mazmur 121:7-8. Kita tidak perlu takut karena ada perlindungan Tuhan. Tuhan melindungi kita dari beragam musibah yang bisa saja menimpa kita. Tuhan senantiasa memerintahkan para malaikat untuk menjaga kita di setiap jalan kita - Mazmur 91:9-11.

Suatu saat, sejumlah pasukan Aram yang besar dengan kuda dan kereta perang mengepung Kota Dotan tempat nabi Elisa bersama bujangnya. Pagi-pagi buta bujangnya bangun dan melihat sejumlah besar pasukan Aram yang lengkap dengan senjatanya siap menangkap tuannya.

Namun Elisa menenangkan bujangnya sambil berkata : “Jangan Takut,sebab lebih banyak yang menyertai kita daripada yang menyertai mereka.” Sungguh, bujang ini tidak takut lagi, melainkan kagum akan penyertaan Tuhan, karena dia melihat begitu banyak malaikat Tuhan yang berada disekeliling mereka.


Sesungguhnya kalau kita melihat keadaan secara fisik kita akan menjadi takut, tetapi kalau kita melihat secara rohani, maka kita akan menyaksikan turut campur tangan Tuhan. Jangan takut dengan masalah dan tantangan yang besar yang mengepung saudara melainkan pandanglah penyertaan Tuhan, Tuhan sekali-kali tidak akan pernah meninggalkan kita, Dia adalah Allah yang setia , sejumlah tentara sorga diperintahkanNya menyertai kita lebih banyak dari masalah yang besar. 

Post a Comment for "Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Menguasai Hati Kita Part 2"