Translate

Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Menguasai Hati Kita Part 1

Hendaklah damai sejahtera Kristus menguasai hati kita ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat Tuhan yang ada di kota Kolose, yaitu Kolose 3:5-17. Dalam Kolose 3:15, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan damai sejahtera, menulis demikian: "Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatim, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah".

Selama manusia masih tetap tinggal dalam dunia ini manusia tidak akan pernah lepas dari ketakutan. Apapun tingkat golongannya, kaya-miskin, tua-muda, besar-kecil pastilah semuanya akan tetap merasakan namanya ketakutan.

Kita merasa takut ketika kita diperhadapkan dengan sesuatu yang mengerikan atau hal-hal yang menakutkan. Ketakutan itu normal tetapi tinggal dalam ketakutan itu tidak normal. Dalam Injil Lukas diceritakan ada gembala-gembala yang tinggal dipadang menjaga ternak pada waktu malam dan tiba-tiba malaikat Tuhan berada didekat mereka dan mereka sangat ketakutan.

Gembala-gembala adalah gambaran Umat manusia .
Waktu malam adalah gambaran dari kegelapan (dunia yang penuh kegelapan).
Ketika kita hidup di dalam kegelapan, maka hidup kita akan dipenuhi dengan berbagai ketakutan, sehingga hidup kita tidak dapat membedakan warna-warni kehidupan.


Tetapi syukur kepada Allah “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal (Yohanes 3:16).

Ada beberapa hal yang membuat manusia hidup dalam ketakutan, yaitu:

Baca juga:

Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Menguasai Hati Kita Part 2
Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Menguasai Hati Kita Part 3

Pikiran kita sendiri.
Pikiran adalah medan pertempuran. Ayub berkata: Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. Aku tidak mendapat ketenangan dan ketentraman; aku tidak mendapat istirahat, tetapi kegekisahan yang timbul.” (Ayub 3:25-26). Orang yang hidup dalam ketakutan akan mengalami makan tak enak dan tidurpun tak nyenyak, oleh sebeb itu saudara jangan sampai pikiran kita menguasai hati kita sehingga kita menjadi buta secara rohani dan tidak dapat melihat karya Tuhan. Marilah kita selalu menaruh pikiran dan perasaan seperti Kristus Yesus (berpikir positif) maka ketakutan akan pergi.

Selalu mendengar apa kata orang daripada apa kata Tuhan - 1 Sam 15:1-35.
Saul sebagai seorang raja dia merasa takut kalau-kalau apa yang diingankan rakyatnya. Sehingga yang seharusnya dia menuruti perintah Tuhan dangan harus membunuh bangsa Amalek, malahan dia tidak mau membunuh raja dan ternak-ternak yang baik dari jarahan tersebut dengan alasan akan mempersembahkan korban bagi Tuhan, sehingga dia diturunkan menjadi raja.

Seandainya kita mau untuk tetap mandengarkan rencana dan suara Tuhan kita tidak perlu takut kepada siapapun karena seperti raja Daud katakan: "Bahwa serta dengan Allah kita lakukan perkara-perkara yang besar dan gagah perkasa (Mazmur 60:14).

Selalu mengandalkan manusia daripada Tuhan - Yeremia 17:5.

Beginilah firman Tuhan: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan! Ketika kita mengandalkan kekuatan kita maka kita akan hidup dalam kutuk dan hidup kita akan mengalami banyak ketakutan karena kekuatan kita terbatas tetapi kekuatan Tuhan tidak terbatas.

Andalkan Tuhan disetiap langkah hidup kita maka berkat Tuhan akan melimpah dan ketakutan akan sirna, kalau Allah dipihak kita siapakah yang dapat melawan kita. Roh yang ada didalam kita lebih besar dari semua roh-roh yang ada di dunia ini (termasuk roh ketakutan).

Selalu mengingat masa lalu - Zakaria 8:13
.
Kegagalan masa lalu sering kali membuat kita ketakutan sendiri, kita takut orang tahu masa lalu kita yang suram atau kita takut orang tidak mau bergaul dengan kita kalau orang tahu masa lalu kita. Dalam Zakaria 8:13 dikatakan kalau dahulu kita tidak menjadi berkat sekarang kita akan menjadi berkat karena Allah akan memulihkan kita. Persoalannya asal kita tidak mengingat-ingat masa lalu kita dan kita tetap mengarahkan pandangan rohani kita kedepan.


Tuhan memiliki rencana yang indah dalam tiap-tiap pribadi asal kita menyerahkan hidup kita sepenuhnya kepada dia dan berlindung padanya dan melakukan perintahnya dengan setia. Contoh orang yang menengok kebelakang isteri Lot akhirny a dia menjadi tiang garam. 

Post a Comment for "Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Menguasai Hati Kita Part 1"