Translate

Ciri Gereja Yang Tidak Bertumbuh 4

Miskin inisiatif dan terobosan
Gereja ini tidak melakukan terobosan. tidak mempunyai wadah untuk melakukan cara penjangkauan yang dapat diterima generasi ini, tetapi lebih kepada mempertahankan  apa yang sudah menjadi kebiasaan sejak dulu. Padahal menurut Tapscott (1997), pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia telah membentuk setidaknya tiga generasi: Generasi Baby Boomers (lahir 1946-1964), Generasi X (1965-1976), dan Generasi Net atau Generasi Y (1977-1997).
Generasi Baby Boomers atau juga disebut “Generasi Perang Dingin” lahir sebagai dampak dari revolusi komunikasi, khususnya bangkitnya era pertelevisian.

Generasi ini menjadi cerdas berkat perkembangan informasi yang mereka peroleh melalui televisi, sehingga mereka mampu mengakses informasi lebih cepat dan membentuk mereka menjadi generasi yang cerdas dan handal pada bidangnya. Sepuluh tahun kemudian lahirlah Generasi X atau juga disebut Baby Bust. Generasi ini lahir untuk mengisi celah-celah pekerjaan yang telah diisi oleh generasi sebelumnya bersamaan dengan tingginya angka pengangguran.

Generasi ini dinilai sebagai generasi komunikator yang agresif dan sangat media-sentrik. Generasi berikutnya adalah Generasi Net, yang juga disebut Generasi Y. Generasi ini lahir akibat perkembangan komputer, internet dan teknologi digital lainnya. Generasi ini sangat fasih dengan beragam media. Mereka menggunakan telepon selular untuk beragam aktivitas, mulai dari aktivitas percakapan, surat elektronik (e-mail), pesan instan, game, bahkan untuk mencari arah atau petunjuk jalan. Mereka membangun jejaring sosial yang luas melalui beragam media sosial kapan pun dan dimana pun mereka berada.



Pada masa kini, iptek sangat dikuasai oleh Generasi Net. Generasi inilah yang berhasil mendudukkan Barack Obama ke tampuk kekuasaan di Amerika Serikat dengan mengandalkan kampanye melalui pesan instan dan jejaring sosial. Mereka memiliki dunianya sendiri, yang terus dibangun sedemikian rupa secara berkolaborasi, tanpa dibatasi oleh bahasa dan negara. Generasi ini sangat nyaman dengan apapun yang “dibangun bersama” dan kurang begitu suka dengan monopoli. Inilah yang “memaksa” raksasa jejaring sosial Facebook untuk mengubah misi mereka dari “menjadikan dunia lebih terbuka dan terhubung” menjadi “membawa dunia lebih dekat bersama”.

Dampak kelahiran generasi ini di berbagai bidang sangatlah terasa, termasuk dalam lingkungan keluarga. Istilah home sweet home sangatlah melekat bagi generasi ini. Jika pada era generasi Baby Boomers kebebasan diraih di luar rumah, maka bagi Generasi Net, kebebasan justru ada di dalam rumah. Generasi ini sangat menikmati mengurung diri dalam kamar sambil menjelajahi dunia maya dan melakukan beragam aktivitas.

Dalam keluarga, komunikasi terjalin melalui grup-grup keluarga di dalam aplikasi-aplikasi pesan instan seperti WhatsApp daripada komunikasi langsung saat duduk bersama. Tanpa inisiatif dan terobosan baru untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan generasi-generasi yang ada, maka gereja akan terpinggirkan bahkan ditinggalkan oleh generasi-generasi masa kini. Mereka akan mencari bentuk-bentuk pelayanan gereja yang lebih sesuai dengan “selera” mereka.

Kamu salah, saya benar
Merasa paling benar dan sangat gengsi untuk menerima dampak yang lebih dinamis dari gereja lain. Menghakimi gereja lain dengan mengatakan pengajarannya sesat. Biasanya hal ini terjadi jika melihat perkembangan gereja lain yang lebih fantastis, sementara gereja sendiri cenderung stagnan bahkan kian ditinggalkan oleh jemaatnya. Maka, untuk menjaga eksistensi anggota jemaatnya, muncullah klaim pembenaran diri dan menyalahkan yang lain.

Sikap menyalahkan yang lain apalagi jika sampai menganggap sesat hanya karena perbedaan doktrin, liturgi dan gaya pelayanan sangatlah tidak efektif untuk menjaga anggota jemaat tetap setia di dalam gereja sendiri. Bagaimanapun, orang cenderung merasa tidak nyaman apabila terus-menerus tinggal bersama orang yang senang menyalahkan yang lain. Sumber: gkridcdotcom

Post a Comment for "Ciri Gereja Yang Tidak Bertumbuh 4"