Translate

Menjadi Gereja Yang Diimpikan Allah

Menjadi gereja yang diimpikan Allah ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada orang Kristen yang ada di kota Kolose, yaitu dalam Kolose 2:6-7: ““Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur”.

Kutipan firman Tuhan di atas memberikan tekanan kuat dan penegasan penting tentang status kita di dalam Kristus. Pertama-tama bahwa kita menerima sepenuhnya bahwa Tuhan Yesus Kristuslah satu-satunya Tuhan dan Juruselamat kita. Ini merupakan landasan teologis yang kuat bagi bangunan keselamatan kita yang tidak dapat diganggu gugat oleh apa dan siapa pun.

Lalu ada tanggung jawab rohani dari kita untuk mengisi hidup keselamatan kita secara baik dan benar. Tujuannya ialah bahwa dalam diri kita ada tanda-tanda hidup sebagai milik Kristus yang bisa diketahui oleh orang lain. Ini menjadi penting karena berkaitan dengan kesaksian hidup kita sebagai pengikut Kristus.


Kita adalah gereja. Dan kehadiran gereja merupakan bagian dari misi Allah bagi keselamatan dunia. Gereja ada untuk menggantikan peran dan fungsi bangsa Israel yang telah gagal memahami rencana Allah di dalam dan melalui mereka. Kalau saja bangsa Israel memahami dan mengerti tentang pemilihan Allah atas mereka, tentu gereja tidak perlu ada. Namun faktanya bangsa Israel gagal total.

Itu sebabnya, Allah telah mempredestinasi (memilih) dan menentukan kita (gereja) di dalam Kristus sebelum dunia dijadikan. “Sebab di dalam Dia Allah telah MEMILIH kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah MENENTUKAN kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya (Gereja-Nya), sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya” – Efesus 1:4-5.

Kalimat tanya: “Bagaimanakah sesungguhnya model gereja yang diimpikan Allah?”
Kalimat peralihan: Model gereja yang diimpikan oleh Allah berdasarkan kebenaran firman Tuhan, yaitu:

1. Gereja yang PERCAYA sepenuhnya kepada Tuhan
“Jawab Yesus: “Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” Segera ayah anak itu berteriak: “Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!” – Markus 9:23-24.

2. Gereja yang BERKOMITMEN pada pertumbuhan pribadi secara utuh
“Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur” – Kolose 2:6-7.

3. Gereja yang PROAKTIF dalam pelayanan holistik
“Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman” – Galatia 6:9-10.

Kita percaya bahwa kita hidup hanya karena anugerah Allah dalam berbagai bentuk yang telah diberikan-Nya kepada kita. Terutama Ia telah menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita. Tantangan dunia di mana kita hadir mendorong kita untuk terus bertumbuh semakin dewasa di dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Kita terpanggil untuk menjadi gereja yang peduli kepada sesama dan lingkungan ciptaan Allah. Dalam terang nilai-nilai Injil, kita harus proaktif dalam pelayanan holistik yang memberkati banyak orang. Inilah gereja yang diimpikan oleh Allah ada di dunia ini. Amin

Post a Comment for "Menjadi Gereja Yang Diimpikan Allah"