Translate

Rahasia Supaya Bisa Bermurah Hati

Rahasia supaya bisa bermurah hati ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Injil Lukas 6:30-36. Dokter Lukas menulis demikian: “Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati” – Lukas 6:36.

Ada seorang anak muda yang taat sekali beribadah. Tak pernah sekali pun ia melewatkan acara-acara keagamaan di gerejanya. Suatu hari, ketika melangkahkan kaki keluar gereja, sebuah kecelakaan terjadi di depan matanya.

Namun pemuda itu tak bergeming. Ia hanya merasa kasihan pada korban kecelakaan dan berlalu begitu saja. Sedangkan para pengendara motor di sekitarnya berlarian untuk menolong sang korban. Menurut Anda, siapakah yang lebih mencerminkan kasih Bapa pada saat itu? Anak muda ini atau orang-orang lainnya tersebut?

Alkitab mencatat bahwa “kasih itu murah hati” (1 Kor. 13:4). Dalam bahasa Inggris, kemurahan hati disebut benignity, yang sinonimnya adalah kindness, yaitu kebaikan. Benignity atau kemurahan hati diartikan sebagai tindakan nyata berbuat baik kepada orang lain.



Dengan demikian, murah hati adalah bentuk perwujudan nyata dari kasih yang dapat dirasakan orang lain. Maka, tidaklah heran jika kasih itu tidak tinggal di dalam kita, kita pun sulit untuk menjadi murah hati.

Itu sebabnya, supaya dapat memiliki kemurahan hati yang sejati, pertama-tama kita harus memiliki kasih yang dari Allah. Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, ketika kasih Allah ada dalam hati kita, kasih itu pun pasti akan terpancar dalam perbuatan kita.

Dan satu-satunya cara supaya hati kita penuh dengan kasih Allah hanyalah dengan mengalami Bapa secara pribadi. Sekedar datang beribadah saja tidaklah cukup. Hanya jika kita mengalami perjumpaan pribadi dengan-Nya, Roh Kudus akan memenuhi kita dan kemurahan-Nya pun akan terimpartasi ke dalam hati kita.

Ketika kita sungguh-sungguh mengalami kepenuhan Bapa, hati kita pasti diubah menjadi seperti hati-Nya. Sehingga kita akan dapat melihat keadaan di sekitar kita seperti Allah melihat, dan kita bertindak seperti Dia bertindak. Kemurahan hati kita tidak lagi pasif, yang hanya berhenti pada perasaan. Namun kasih itu menjadi dinamis, yang melahirkan perbuatan. Kita pun akan menjadi pelaku firman seperti yang Allah kehendaki.

RENUNGAN

KUNCI supaya kita bisa bermurah hati adalah MEMBUKA HATI TERHADAP ROH KUDUS dan MENGALAMI KEPENUHAN BAPA di hati kita

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki hati yang penuh dengan kasih dan kemurahan?

2. Bagaimana memiliki kasih Allah dan kepenuhan Roh Kudus dapat berujung pada murah hati?
3. Menurut Anda, apakah yang dapat Anda lakukan untuk dapat menjadi murah hati, sehingga dapat menjadi saluran berkat Allah kepada sesama?

DOA UNTUK HARI INI
“Ampuni kami, ya, Bapa, apabila kami selama ini masih belum sepenuhnya dapat menjadi pelaku firman-Mu. Masuklah ke dalam hati kami, ya Bapa. Tolong jamah dan ubahkan kami. Tolong beri kami hati seperti-Mu, sehingga kami dapat beroleh hati yang penuh dengan kasih dan kemurahan. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.” 

Post a Comment for "Rahasia Supaya Bisa Bermurah Hati"