Translate

Rahasia Untuk Memiliki Hati Yang Suci

Rahasia untuk memiliki hati yang suci ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat Ibrani 9:11-22. Penulis surat Ibrani menegaskan demikian: “Betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup” – Ibrani 9:14.

Hati yang suci. Tentu tidak bisa diperoleh oleh siapapun. Mengapa? Karena semua manusia sudah berdosa. Karena semua manusia sudah berdosa, maka tentu hati kita pun sudah dipenuhi oleh dosa.

Hati adalah pusat kehidupan. Di dalam hati kita, ada pikiran, perasaan dan kehendak. Secara total (pikiran, perasaan dan kehendak) kita sudah berdosa. Hati kita cenderung untuk berbuat dosa. Segala rancangan, niat dan motivasi dipenuhi oleh dosa.

Itulah sebabnya, kejahatan manusia dari hari ke hari semakin meningkat. Modus operandinya juga beragam. Manusia seakan tidak pernah kehabisan gagasan untuk melakukan kejahatan. Walaupun mereka tahu bahwa semua perbuatan itu salah, namun karena hati mereka sudah dipenuhi dosa, maka mereka tetap saja melakukannya.


Setiap orang yang datang beribadah pasti berharap bisa bertemu dengan Allah. Dengan demikian, orang tersebut bisa memanjatkan permohonan-permohonannya dan mengetahui kehendak Tuhan dalam hidupnya. Namun, ternyata tidak semua orang yang beribadah bisa merasakan kehadiran Allah.

Hal ini tentu ada penyebabnya. Firman Tuhan berkata, orang yang bisa melihat Allah adalah orang yang suci hatinya. Sebab Allah kita suci dan tidak bisa didekati oleh kita dalam keadaan yang penuh kotoran dosa. Bagaimana agar hati kita bisa disucikan? Jawabannya, dengan darah Yesus.

Darah Yesus bukan hanya sanggup menebus kita dari dosa, dan bukan hanya sanggup mematahkan kutuk dalam hidup kita. Darah Yesus juga sanggup menyucikan hati kita sehingga kita bisa melihat Allah. Kehadiran Allah dalam hidup kita dapat membuat kita melihat kemuliaan-Nya, kuasa-Nya, dan kasih-Nya. Selain itu, kita pun disucikan dari perbuatan sia-sia dan dari berbagai keinginan daging yang senantiasa merongrong kita setiap saat.

Yohanes R. Eda, bila kita memiliki kerinduan untuk melihat Allah dalam setiap ibadah kita dan setiap aspek kehidupan kita, segera berdoa dan meminta agar darah Yesus menyucikan hati kita dari keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup. Jika kita memiliki kehausan untuk bertemu dengan Allah, minta agar darah Yesus menyucikan roh, jiwa, dan tubuh kita.

Minta Dia memenuhi kita dengan keinginan-keinginan roh, buah-buah roh, dan karakter Allah. Saat kadar kesucian hati kita semakin tinggi hari lepas hari, maka hal-hal yang tidak berkenan kepada Allah akan semakin berkurang, perbuatan-perbuatan yang sia-sia akan semakin sedikit dalam hidup kita, dan kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. Kehadiran Allah dalam hidup kita pun begitu nyata dan semakin nyata dalam hidup kita.

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, sesungguhnya DARAH YESUS adalah kunci agar HATI KITA BISA DISUCIKAN

APLIKASI
1. Sudahkah hati Anda disucikan? Dengan apakah hati kita dapat disucikan? 

2. Mengapa hati kita harus disucikan?
3. Bagaimana cara Anda menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak berkenan kepada Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, sucikanlah hati kami dengan darah Yesus, sehingga kami terhindar dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Post a Comment for "Rahasia Untuk Memiliki Hati Yang Suci"