Translate

Mari Mengenal Raja Daud Lebih Dekat 4

Mari mengenal raja Daud lebih dekat ~ Daud ialah cicit dari Rut dan Boas, anak bungsu dari 8 bersaudara (1 Sam 17:12 dab), dan dipersiapkan untuk menjadi gembala. Dalam pekerjaan inilah ia ditempa menjadi berani, yg di kemudian hari terbukti dalam pertempuran (1 Sam 17:34-35). Dalam pekerjaan itu juga ia belajar kelemahlembutan dan jiwa pengasuhan terhadap kawanan dombanya, yg di belakang hari disyairkannya sebagai sifat-sifat Allah-nya.

Seperti Yusuf, ia menderita karena niat-niat jahat dan hati yg cemburu dari kakak-kakaknya, barangkali karena bakat-bakat yg dikaruniakan Allah kepadanya (1 Sam 18:28). Di satu pihak ia rendah hati menyebut kaum keluarganya (1 Sam 18:18), tapi di pihak lain Daud menjadi bapak leluhur dari keturunan yg ternama, seperti tertera pada silsilah Tuhan Yesus dalam Injil Mat (Mat 1:1-17).

Persahabatannya dengan Yonatan
Pengurapan Daud dan persahabatannya dengan Yonatan. Sesudah Allah membuang Saul dari kedudukan raja Israel, maka Allah menyatakan Daud sebagai penggantinya kepada Samuel, yg mengurapinya di Betlehem tanpa publisitas (1 Sam 16:1-13). Sebagai akibat dari tindakan Allah itu ialah undurnya Roh Allah dari Saul. Akibat lainnya adalah tekanan jiwa yg dideritanya, yg kadang-kadang kelihatannya mendekati keadaan gila.


Ada suatu wahyu yg indah tentang pemeliharaan Allah, dimana Daud yg akan menggantikan Saul dalam karunia dan rencana Allah, dipilih untuk melayani raja yg telah di comot itu dengan kecapinya (1 Sam 16:17-21). Dengan demikian kehidupan kedua tokoh ini dipertemukan Allah, yaitu raksasa penguasa yg sudah kehilangan segala-galanya dengan teruna yg sedang berkembang.

Mula-mula semuanya berjalan baik. Raja Saul berkenan dengan sang teruna (karya musiknya memperkaya khazanah ibadat gerejawi) dan menetapkan dia menjadi pembawa senjatanya. Lalu peristiwa yg sangat terkenal antara Daud dan Goliat, raksasa unggulan Filistin, mengubah segala-galanya (1 Sam 17).

Ketangkasan dan keterampilan Daud menggunakan umbannya memusnahkan kekuatan dan mematikan raksasa Goliat, adalah awal kerontokan orang Filistin. Jalan sudah terbuka bagi Daud untuk memetik pahala yg dijanjikan Saul, yaitu mempersunting putri raja, dan kebebasan membayar pajak bagi sanak keluarga bapak Daud. Tapi unsur baru mengubah jalannya sejarah.


Raja Saul cemburu melihat pejuang Israel yg baru ini. Sewaktu ia pulang dari pertempuran mengalahkan Goliat, kaum perempuan Israel menyongsong dia dengan nyanyian 'Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa'. Saul, tidak seperti Yonatan, anaknya, sangat iri, dan tentang itu tertulis, 'Sejak hari itu maka Saul selalu mendengki Daud' (1 Sam 18:7-9).

Daud dimusuhi Saul

Kadar persahabatan Saul terhadap Daud terus merosot. Akibatnya pahlawan nasional muda itu harus melarikan diri dari sergapan raja yg begitu tega mengancam hidupnya. Ia di comot dari karir jenjang kemiliteran, dibohongi dalam hal putri yg sudah dijanjikan kepadanya, kemudian dikawinkan dengan putri Saul yg lain, yaitu Mikhal. Persetujuan perkawinan ini sebetulnya dimaksudkan untuk kematian Daud (1 Sam 18:25).

Dalam 1 Sam 24:10 kelihatan bahwa di istana Saul ada sekelompok orang yg dengan sengaja mengipas-ngipas permusuhan Saul terhadap Daud dan suasana kian memburuk. Usaha Saul yg lain yg gagal untuk membunuh Daud dengan lembingnya, disusul oleh usaha berikutnya untuk memenjarakan Daud, tapi digagalkan oleh muslihat Mikhal, istri Daud (1 Sam 19:8-17).

Hal yg menonjol pada saat kritis ini adalah cara kedua anak Saul, Yonatan dan Mikhal, menggabungkan diri dengan Daud dan menentang bapak mereka sendiri.

Post a Comment for "Mari Mengenal Raja Daud Lebih Dekat 4"