Translate

Mari Mengenal Raja Daud Lebih Dekat 3

Mari mengenal raja Daud lebih dekat ~ Dalam PL dipuji sebagai raja Israel yang ideal, dan dalam PB diagungkan sebagai leluhur --> Mesias, meskipun kehidupan Daud pribadi tampaknya tidak menyiratkan kedudukan seperti itu. Ia adalah cicit seorang asing, --> Rut, orang --> Moab (di sini tidak ada rasa senang bagi nasionalisme sempit seperti kemudian hari!), anak --> Isai yang termuda di antara delapan bersaudara.

Cerita 2 Samuel sama sekali tidak bungkam terhadap pelanggaran dan perseteruan keluarganya. Namun, serentak dengan itu, dicatat pula betapa ia berani melawan --> Goliat, jagoan orang --> Filistin (1Sam. 17; namun siapakah Goliat itu? 2Sam. 21:19), kemudian ia dipanggil sebagai pemain musik di istana --> Saul untuk menenangkannya selama saat-saat kegilaannya. Daud menjalin persahabatan mendalam dengan --> Yonatan, anak Saul (1Sam. 20:17).

Setelah kematian Saul, Daud menjadi raja --> Yehuda (1000 sM) pada usia 30 tahun, dan memerintah di --> Hebron selama tujuh tahun. Namun, setelah peperangan antarsuku, supremasi Yehuda atas suku-suku yang lain terkonsolidasi ketika Daud merebut Yerusalem, kota orang --> Yebus (sampai sekarang tidak menjadi milik salah satu di antara keduabelas suku) dan menjadikannya ibu kota, suatu pilihan diplomatis yang cerdik. Hal ini diperkuat dengan menempatkan --> Tabut Perjanjian di sana, dan dengan demikian, menjadikannya pusat tempat kudus/suci untuk peribadahan bersama, yang oleh --> Salomo, anaknya, dilengkapi dengan bangunan Bait Allah (950 sM).



Daud dihormati sebagai seorang penyair (2Sam. 1), dan mungkin ia telah menulis beberapa mazmur awal, meskipun reputasinya ini sebagian besar merupakan hasil nostalgia zaman-zaman kemudian. Kemungkinan, orang-orang sekeliling Daud di istana telah mengembangkan bakat sastra dan musik, yang masih tumbuh subur pada abad ke-8 sM, zaman Nabi --> Amos (6:5).

Daud diagungkan oleh orang Yahudi sebagai raja ideal mereka, meskipun perintahnya untuk memastikan kematian --> Uria (2Sam. 11:15), --> Yoab, dan Simei (1Raj. 2:6,9) tidak menunjukkan kebangsawanannya. Ia memang berhasil memperluas batas-batas negaranya, dari perbatasan dengan --> Mesir hingga Sungai --> Efrat, yang kaya akan sumber-sumber kemakmuran.

Dinasti yang dibangun oleh Daud tidak berlaku untuk seluruh bangsa Israel, namun hanya atas Yehuda, yang pada batas tertentu berlangsung hingga --> pembuangan (586 sM). Setelah masa pembuangan, kesalehan dan kecerdikan Daud dikisahkan kembali secara baru dalam 1Taw. 

DAUD
(Ibrani dawid, kadang-kadang dawid); akar dan arti nama ini belum diketahui, tapi lih BDB; usul yg menyamakannya dengan suatu kata Babel kuno (di Mari) dawidum, yg artinya 'kepala atau pemimpin' sekarang diragukan (JNES 17,1958, hlm 130; VT Suppl 7,1960, hlm 165 dab; bnd Laesoe, Shemsharah Tablets, hlm 56).

Anak bungsu Isai, suku Yehuda, dan raja Israel kedua. Dalam Kitab Suci dialah satu-satunya yg memakai nama itu, yg melukiskan tempat khas yg didudukinya sebagai nenek moyang, perintis dan bayang-bayang dari Tuhan Yesus Kristus, yaitu 'Anak yg lebih agung dari Daud yg agung'.


Dalam PB nama Daud disebut 58 kali, termasuk gelar yg berulang-ulang diberikan kepada Yesus: 'Anak Daud'. Menurut rasul Paulus, Yesus ialah yg 'menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud' (Rm 1:3), sedang menurut Yohanes, Yesus sendiri berkata tentang diriNya sendiri, 'Akulah tunas, yaitu keturunan Daud' (Why 22:16).

Mengamati PL untuk mencari siapa yg menduduki kedudukan yg begitu mulia dalam garis keturunan Tuhan Yesus dan tujuan-tujuan Allah, maka akan kita jumpai bahan yg berlimpah-limpah dan kaya. Cerita tentang Daud terdapat mulai dari 1 Sam 16 sampai 1 Raj 2, dengan banyak ay sejajarnya dalam 1 Taw 2-29.

Post a Comment for "Mari Mengenal Raja Daud Lebih Dekat 3"