Translate

Ini Dampak Negatif Anak Disekolahkan Terlalu Dini 2

Ini dampak negatif anak disekolahkan terlalu dini ~ Terkadang kita terlupa untuk memperhatikan akhlak, nilai moral dan sopan santun. Sebagian besar orang tua hanya terfokus pada pencapaian prestasi-prestasi yang bersifat keduniawian. Anak dituntut secara paksa mengikuti pola-pola pendidikan era kolonial yang harus pakem dengan pencapaian yang baku.

Akhirnya kreatifitas dan potensi anak yang dimiliki pun teredam dengan bentuk standar yang sudah dibakukan dan haram untuk dilakukan pembaharuan oleh anak didik. Maka jangan heran jika banyak dari generasi bangsa saat ini menjadi generasi yang intelektual namun sepi dengan kreatifitas yang membangun.

Selain itu kesadaran orang tua mengenai apa yang paling tepat bagi anak terkadang luput untuk dilakukan. Karena kefokusan perhatian orang tua sebagian besar melihat dari pencapaian nilai di atas kertas. Tak sedikit yang menyunat waktu bermain anak dengan waktu les ini itu yang menjemukan bukan kepalang bagi anak.


Pagi-pagi berangkat sekolah, pulang sekolah les bahasa, malam les matematika, sepulang les mengerjakan tugas sekolah dan begitu seterusnya. Lagi pula yang terpenting dari anak khususnya anak yang masih berada pada usia dini hanyalah mereka bisa bahagia dengan bermain. Sekolah seharusnya menjadi urusan nanti ketika anak tersebut memang sudah siap.

Takut jika anak tertinggal? Apakah benar anak merasakan hal yang sama? Yuk mari renungkan kembali pertanyaan tersebut. Ketakutan tersebut alangkah lebih baiknya di investasikan untuk berusaha keras mencintai dengan kasih sayang sebenar-benarnya, tanpa ada embel-embel gengsi dan harapan pada pencapaiann selembar kertas.

Mungkin benar jika anak belajar sambil bermain di sekolah adalah baik, namun hal itu bukan berarti harus menyekolahkannya di usia sangat dini. Umur 5 tahun merupakan masa-masa anak belum begitu memahami bagaimana itu cara bersosialisasi dengan baik. Akan sangat riskan jika memaksakannya untuk bersekolah pendidikan secara formal.

Bisa jadi ia tak mampu untuk mengikuti aturan-aturan yang diterapkan oleh pihak sekolah. Dan jika dipaksakan, hal itu dikhawatirkan membuat anak merasa tertekan dan tidak nyaman di lingkungan sekolahnya.
Hal-hal lain yang akan berdampak, jika anak disekolahkan terlalu dini adalah potensi blast (Bored, Lonely, Afraid/Angry, Stress, Tired) dan tentunya hal tersebut tidak baik bagi perkembangannya kelak.

Membuat anak menjadi cemerlang tak mesti harus di masukan ke dalam pendidikan formal sedini mungkin. Ketahuilah bahwa anak bukanlah miniature, atau benda mati yang dengan sesuka hati dapat kita perlakukan tanpa persetujuan sang anak. Ingatlah bahwa ia merupakan buah hati yang sudah sepatutnya untuk di dengarkan pendapatnya pula.

Karena kasih sayang adalah kasih yang tak mengekang dan menekan. Karena kasih adalah saling pengertian dan pemberian rasa aman dan nyaman yang di landasi cinta tulus ikhlas. By: Muhamad Fadhol Tamimy

Post a Comment for "Ini Dampak Negatif Anak Disekolahkan Terlalu Dini 2"