Translate

Tips Membentuk Karakter Anak Part 2

Tips sederhana membentuk karakter anak ~ Setiap keluarga menghendaki agar anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang baik, menyenangkan dan membanggakan. Itulah keinginan terdalam dan harapan terbesar dari setiap keluarga yang memiliki anak-anak. Namun, dewasa ini untuk mendapatkan anak yang berkarakter baik, seakan sangat sulit. Akibatnya, banyak orangtua yang stress dan tidak tahu harus bagaimana mengatasi dan membentuk karakter anak-anaknya.

Di bawah ini ada beberapa tips sederhana dalam membentuk karakter anak yang bisa diterapkan oleh orangtua. Tulisan ini merupakan sambungan dari tulisan sebelumnya - Bisa Anda baca: DI SINI. Kiranya tips ini dapat melengkapi, menambah wawasan dan membantu para orangtua dalam upaya membentuk karakter anak-anaknya.

4. Jangan mengekang.
Jangan terlalu mengekang anak dengan melarangnya melakukan hal-hal yang ia senangi. Jika dikekang, anak akan mencari tahu hal tersebut dari orang lain yang informasinya belum tentu benar. Bukalah pintu komunikasi dengan anak sehingga ia paham maksud larangan dan imbauan yang diberikan orangtuanya.


5. Aturan jelas.
Sering kali anak hanya dilarang untuk melakukan ini dan itu tanpa dijelaskan alasannya. Biarkan anak mengetahui konsekuensi yang ia terima jika melanggar aturan tertentu. Berikan pilihan kepada anak sehingga ia belajar bertanggung jawab terhadap tindakannya. Sikap ini akan melatih anak supaya bijak dan cerdas mengambil keputusan sejak kecil.

6. Lontarkan pujian.
Jika anak melakukan hal positif, jangan segan-segan memberinya pujian. Sesekali berikan reward yang bermanfaat dan menyenangkan untuk anak. Dengan demikian, anak akan terus terdorong melakukan hal-hal yang positif.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa para orangtua mengambil dan mengaplikasikan di dalam upayanya membentuk karakter anak-anak. Tips-tips di atas sesungguhnya tidaklah sukar untuk dilakukan. Dibutuhkan niat, kemauan dan komitmen kuat dari para orangtua untuk melakukannya dengan konsiseten, maka percayalah Tuhan akan memberkati setiap usaha mulia yang kita lakukan bagi anak-anak yang dipercayakan-Nya kepada pangkuan kita.