Translate

Meraih Berkat Melalui Takut Akan Tuhan

Meraih berkat melalui takut akan Tuhan ~ Landasan firman Tuhan dari tema tersebut diambil dari kitab Amsal. Penulis kitab Amsal dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan meraih berkat melalui takut akan Tuhan, menulis demikian: "Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan" – Amsal 1:7. Tema tersebut patut dikaui bahwa acap kali jarang terdengar disampaikan atau diberitakan oleh para hamba Tuhan dari mimbar-mimbar gereja. Tema tersebut menurut kebanyakan orang tidak popular. Ketidak-populeran tersebut dipicu oleh beragam sebab, salah satunya ialah karena kurangnya pemahaman umat terkait dengan makna hidup takut akan Tuhan.

Tentu ada fobia yang terjadi dalam hidup manusia terkait dengan kata “takut”. Banyak orang hanya melihat sisi negative dari kata takut itu. Ambil sebagai contoh, ada orang yang takut setengah mati kepada Setan. Padahal kata Alkitab bahwa Setan atau Iblis itu bukan untuk ditakuti, tetapi untuk dilawan. Ada juga orang yang takut kepada binatang buas, pada hal kata Alkitab kita tidak diperintahkan untuk takut kepada binatang, tetapi kita diperintahkan untuk menaklukkannya. Dan masih banyak lagi contoh kasus terkait dengan kata takut itu. Berdasarkan fobia itulah, maka manusia tidak memahami secara utuh dan benar tentang takut akan Tuhan.

Padahal, takut akan Tuhan itu sebenarnya bukanlah bersifat dan bermuatan negative. Tetapi ajaran Alkitab sengat jelas bahwa takut akan Tuhan pasti positif, pasti baik, pasti benar dan pasti membawa kita untuk menikmati berkat dari Tuhan. Guna memberi kontribusi positif terhadap cara piker dan cara pandang yang keliru tentang takut akan Tuhan itulah, maka saya menuliskan dan membagikan tulisan ini kepada pembaca setia blog ini. Dengan harapan, melalui pemaparan materi ini, setiap pembaca menemukan rema dan meraih berkat Tuhan melalui suatu hidup yang senantiasa takut akan Tuhan.


Pertanyaan penting yang patut diajukan ialah: “Apa saja berkat yang kita akan dapatkan ketika kita hidup takut akan Tuhan?” Berdasarkan firman Tuhan dalam Amsal 1:7 yang saya kutip di atas, maka ada beberapa berkat yang bisa kita peroleh, yaitu:

1.      Orang yang takut akan Tuhan tetap memahami bahwa Tuhan itu baik.
Mengapa Ayub disebut sebagai orang yang takut akan Tuhan? Karena ditengah ujian yang ia hadapi, ia tetap percaya bahwa semua itu baik adanya. Ia tidak protes kepada Tuhan, tetapi ia tetap menaruh harap keada Tuhan. Orang yang takut akan Tuhan, akan tetap bersemangat dan senantisa siap untuk menghadapi apapun yang terjadi. 1 Korintus 10:13 menyataka: "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melampaui kekuatan manusia.  Sebab Allah setia dan karena itu, Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampau kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, supaya kamu dapat menangungungnya". Orang yang takut akan Tuhan akan selalu siap menghadapi situasi apapun yang akan terjadi.

2.      Orang yang takut akan Tuhan senantiasa mengucap syukur dalam hidupnya.
Sebagai implementasi sikap pengakuan bahwa apapu yang Allah perbuat bagi kita itu baik adanya, maka kita akan dimampukan untuk tetap mau bersyukur, di tengah masalah yang kita hadapi. Bersyukur ketika semuanya lancar, kita lulus dengan baik, usaha lancer. Itu adalah hal yang lumrah yang pasti semua dapat melakukannya. Tetapi apakah kita akan tetap dapat bersyukur ketika segalanya seolah-olah hancur? Usaha lesu dan gagal, karir macet, tidak lulus ujian dan perkara-perkara tidak baik lainnya. Akankah kita tetap dapat bersyukur? Rasul Paulus dalam suratnya kepada orang Kristen di kota Tesalonika dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan hidup yang selalu mengucap syukur menulis demikian: “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu” 1 Tesalonoka 5:18.

3.      Orang yang takut akan Tuhan senantiasa taat kepada Tuhan dan firman-Nya.
Ada ayat-ayat yang mengaitkan antara sifat takut akan Tuhan dengan menjauhi kejahatan. Perhatikan dengan seksama, Ayub 1:1. Bebapa ayat yang membahas mengenai hal ini, yaitu: Amsal 8:13: "Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan". Amsal 16:6: "Karena takut akan Tuhan, orang menjauhi kejahatan".

4.      Orang yang takut akan Tuhan pasti mendapat berkat dari Tuhan. 

Berikut beberapa berkat yang akan didapat ketika kita hidup takut akan Tuhan, yaitu: a. Mengalami pemeliharaan Tuhan (Mazmur 34:9). b. Mngalami pembelaan Tuhan (  Mazmur 34:7). c. Menerima kekayaan, kehormatan dan kehidupan (Amsal 22:4).