Translate

Ini Kunci Keberhasilan Sejati

Ini kunci keberhasilan sejati ~ Hampir semua orang di muka bumi ini ingin hidupnya sukses atau berhasil. Keinginan untuk berhasil itu selalu direalisasikan dalam berbagai usaha yang dilakukan. Dari perspektif Kristen atau ajaran Alkitab, keberhasilan sejati hanya kita temukan di dalam Kristus.

Petrus dan kawan-kawannya mereka adalah orang-orang biasa, para nelayan yang senantiasa berusaha untuk meraih keberhasilan dari apa yang mereka kerjakan. Kisah itu dicatat oleh dokter Lukas dalam Injilnya. Secara lengkap kisah itu ada di Lukas 5:1-11.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Bagaimana kunci keberhasilan sejati itu bisa kita miliki sebagai orang Kristen?” Berdasarkan Injil Lukas 5:1-11, maka kita menemukan ada beberapa hal yang bisa membuat kita berhasil, yaitu:


1. Menerima Yesus
Dokter Lukas menulis, “Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu” – Lukas 5:3. Simon menerima Yesus atau menyambut Yesus ke dalam hidupnya dan membiarkan Yesus memakai perahunya untuk memberitakan Injil. Keberhasilan yang sejati dalam perspektif Kristen dimulai dengan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita secara pribadi. Dengan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita, maka ini menjadi langkah pertama atau tangga pertama menuju sukses sejati.

2. Memberi waktu untuk Yesus
Dokter Lukas menulis, “Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu” – Lukas 5:3. Setelah kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, maka kita harus memberi waktu bagi Yesus melalui doa, saat teduh, pujian penyembahan, dan membaca firman-Nya. Karena dengan melakukan hal-hal itu kita semakin mengerti rencana dan kehendak Yesus bagi kita. Waktu yang kita gunakan untuk Yesus pastilah tidak akan sia-sia. Kita menginvestasikan waktu kita bersama-Nya demi meraih sukses sejati yang Dia sediakan bagi kita.

3. Mentaati perintah Yesus
Dokter Lukas menulis, “Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan. Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak” – Lukas 5:4 dan 6. Untuk meraih sukses sejati, maka kita harus melakukan perintah Tuhan Yesus dalam hidup kita. Dan itulah yang dilakukan oleh Petrus dan kawan-kawannya, sehingga mereka berhasil mendapatkan berkat yaitu sejumlah besar ikan.

4. Melayani Yesus
Dokter Lukas menulis, “Demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia”. Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, mereka pun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus” – Lukas 5:10 dan 11. Menerima Yesus, memberi waktu bagi-Nya, menaati perintah-Nya merupakan hal-hal yang sangat penting bagi kita untuk dilakukan. Namun, tidak cukup sampai di situ saja, kita harus meninggalkan segala sesuatu yang menjadi penghambat bagi kita untuk meraih sukses sejati, lalu melayani Yesus yang adalah Sumber Sukses itu bagi kita.

Petrus dan teman-temannya mengalami kuasa Tuhan dan meraih keberhasilan sejati karena mereka memiliki empat hal di atas. Petrus menerima Yesus masuk dalam perahunya. Memberi wktnya untuk Yesus mengajar banyak orang dan diapun memberi diri untuk dibentuk oleh pengajaran Yesus. Mentaati pengajaran Yesus dia berhasil mendapat ikan yang banyak. Petrus meninggalkan pekerjaannya dll, memberi diri dan waktu sepenuhnya untuk melayani sebagai penjala manusia. Kegagalan tidak dapat dielakkan tetapi selalu ada jalan keluar bersama Yesus.