Translate

Doa Sebagai Cara Hidup Kita

Doa sebagai cara hidup kita ~ Ketika membaca firman Tuhan (Alkitab), baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, maka kita sedang membiarkan Tuhan berbicara kepada kita untuk menyatakan rencana, kehendak dan semua janji-Nya kepada kita. Jadi, di dalam Alkitab firman hidup yang tertulis, kita mendengar suara Tuhan yang menyapa roh kita. Di sini, kita menjadi pendengar yang baik dan sungguh-sungguh konsentrasi kepada Tuhan di dalam dan melalui firman hidup yang tertulis, yaitu Alkitab.

Selanjutnya, ketika kita berdoa, maka kita yang sedang berbicara kepada Tuhan. Kita menyampaikan segala syukur dan terimakasih kita kepada Tuhan. Ketika kita berdoa, maka kita sedang memohon belas kasihan dan pengampunan Tuhan atas kesalahan dan dosa yang kita perbuat yang membuat-Nya bersedih melihat perbuatan kita. Ketika kita berdoa, maka kita memohon pertolongan dan pemberkatan-Nya atas hidup kita. Jadi, di dalam doa yang menjadi nafas hidup rohani kita, sesungguhnya kita sedang memperbaharui hidup rohani dan keyakinan kita kepada Tuhan.


Berikut merupakan sebuah doa yang menggambarkan tentang syukur, harapan dan pengakuan akan kasih, kebaikan dan kemurahan Tuhan dalam hidup kita. Kiranya doa menjadi cara hidup kita menjalin keintiman rohani dengan Sang Pencipta alam semesta, Bapa kita yang kekal, dan junjungan kita yang mulia Tuhan Yesus Kristus serta penolong kita yang dahsyat yaitu Roh Kudus.

“BAPA kami yang ada di Sorga, ALLAH yang kami Puji dan Sembah di dalam nama YESUS KRISTUS. Pagi ini kami kembali menghadap tahta-MU yang Kudus untuk Mengucap Syukur dan Terima kasih atas segala Berkat yang telah KAU limpahkan pada Pagi hari ini. Terima kasih BAPA atas hari baru yang indah ini. Terima kasih atas perlindungan-MU dalam tidur kami sepanjang malam. Terima kasih atas nafas baru yang ENGKAU berikan di pagi hari ini, sehingga kami boleh bangun dengan keadaan segar tanpa kekurangan suatu apapun. Semua ini karena Kasih-MU yang Begitu Besar kepada kami, anak-anak-MU BAPA.

BAPA, di hari baru ini berilah kami iman yang hidup, harapan yang kuat, dan cinta yang ikhlas. Semoga segala perkataan yang akan kami ucapkan di hari Jum'at ini, dan segala perbuatan kami, menyenangkan hati-MU. Bimbinglah kami dengan ROH KUDUS-MU, agar dalam segala tingkah laku kami semakin serupa dengan YESUS KRISTUS Putra-MU. Berkatilah keluarga kami dan semua orang yang kami jumpai hari ini. Semoga dalam pergaulan dengan mereka kami menunjukkan kebaikan, seperti ENGKAU baik hati bagi semua orang. Kami akan berusaha menerima suka dan duka dengan hati yang tabah.

Ya BAPA Yang Maha Kuasa dan Penuh Kasih, sebelum menghadapi aktivitas kami hari ini, kami mohon berkat-MU. Pimpinlah hati dan tangan kami, agar dalam ENGKAU kami dapat memulai dan menyelesaikan semua pekerjaan kami hari ini dengan baik. Semoga segala kesulitan tidak melemahkan kami, dan hasilnya tidak menyesatkan kami. Semoga usaha kami menambah kemuliaan-MU, dan berguna bagi sesama kami. Semua jerih payah yang akan kami jumpai, kami persatukan dengan pengurbanan YESUS di kayu salib, yang selalu kami peringati Kematian-NYA pada hari ini.

Terima kasih BAPA, kami tutup doa pagi kami yang jauh dari sempurna ini hanya di dalam nama YESUS KRISTUS, TUHAN dan Juruselamat kami, yang Hidup dan Berkuasa bersama-MU dalam persekutuan ROH KUDUS. Terpujilah ENGKAU ALLAH, kini dan sepanjang segala masa, Haleluyah ! Amin."