Translate

Hidup Dalam Plan Tuhan

Hidup dalam plan Tuhan ~ Shalom pengunjung dan pembaca setia blog ini. Apa kabar semuanya? Doa saya kiranya semua pengunjung dan pembaca setia blog ini dalam keadaan sehat, sukses dan diberkati melimpah oleh Tuhan Yesus. Harapan saya ialah setiap pengunjung dan pembaca blog ini terinspirasi, termotivasi dan tetap setia menjadi saluran berkat Tuhan bagi semua orang. Selain itu, semakin bertambah dewasa secara rohani dan semakin bertumbuh di dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

Ekspektasi tersebut dilandaskan kepada Visi Saya yaitu: "Semua orang di seluruh dunia mendengar Kabar Baik dan Hidup dalam segala kelimpahan". Atas dasar Visi tersebut, blog ini ada sebagai Misi untuk menyampaikan Kabar Baik bagi semua orang di seluruh dunia dan melihat semua orang di seluruh dunia hidup dalam kelimpahan sebagaimana yang ditegaskan oleh Tuhan Yesus dalam Yohanes 10:10b.

Itu sebabnya, saya mengajak semua pengunjung dan pembaca setia blog ini, mari bergabung bersama saya untuk memberitakan Kabar Baik bagi semua orang di seluruh dunia, sehingga kita bisa melihat bersama bahwa semua orang di seluruh dunia hidup dalam segala kelimpahan (rohani dan jasmani). Kontribusi lain yang bisa pengunjung dan pembaca setia lakukan ialah bagikan link blog ini di akun medsos yang Anda miliki, sehingga teman, keluarga, sahabat dan handai taulan dapat mendengar Kabar Baik dan hidup dalam segala kelimpahan.

Pada kesempatan ini, saya akan memberitakan Kabar Baik dengan menulis sebuah tema, yaitu: Hidup Dalam Plan Tuhan. Landasan dari tema tersebut diambil dari kitab Yosua 1:1-9. Tuhan punya rencana kekal bagi hidup kita. Peta jalan hidup kita sudah dirancang dan didesain secara sempurna oleh Tuhan sejak kekekalan. Namun, dalam perjalanan hidup kita, acap kali kita keluar dari rencana desain dan peta jalan yang Tuhan sediakan bagi kita.

Kendati demikian, Tuhan tidak pernah gagal dalam seluruh rencana dan desain-Nya bagi hidup kita. Apa pun yang terjadi di dalam hidup kita, sejauh mana pun kita sudah berjalan menjauh dari rencana dan desain Tuhan, semua itu tidak akan bisa menggagalkan rencana dan desain Tuhan bagi hidup kita. Tuhan punya cara yang ajaib untuk menuntun, mengarahkan dan membawa kita kembali kepada jalan yang Dia kehendaki untuk kita lalui.


Dan pada saat kita sudah dikembalikan oleh Tuhan kepada rencana dan desain-Nya bagi hidup kita, maka kita dituntut untuk tetap hidup di dalam rencana Tuhan itu bagi kita. Bagaimana supaya kita senantiasa tetap ada di dan hidup dalam rencana Tuhan? Ada beberapa hal yang harus kita lakukan berdasarkan Yosua 1:1-9, yaitu:

1. Tetap beriman kepada Tuhan yang sudah berjanji.
Dalam Yosua 1:3 ditegaskan: "Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu". Dari firman Tuhan tersebut, ada janji berkat yang pasti diberikan oleh Tuhan bagi kita. Allah tidak pernah keliru ketika Dia memberikan janji kepada kita. Allah juga tidak akan berdusta ketika Dia menjanjikan sesuatu bagi kita. Jadi, Allah tidak pernah lalai dan juga tidak pernah gagal untuk merealisasikan janji-Nya bagi kita.

Oleh karena itu, kita harus tetap beriman kepada Tuhan yang sudah berjanji, sekalipun yang terjadi dalam hidup kita tidak seperti yang diharapkan. Ingat, bila hari ini janji-Nya belum direalisasikan atau belum terealisasi, maka imanilah dan berharaplah bahwa besok menjadi momentum bagi kita untuk mengalami penggenapan janji Allah bagi hidup kita.

2. Tetap komit untuk menanti Tuhan genapi janji-Nya.
Dalam Yosua 1:6 ditegaskan: "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu". Tantangan, penderitaan dan problem yang bertubi-tubi acap kali membuat kita tidak kuat menantikan Tuhan memberi pertolongan. Namun, firman Tuhan tersebut jelas menegaskan bahwa bila kita ingin melihat atau menyaksikan perbuatan ajaib Tuhan dalam mewujudkan janji-Nya kepada kita, maka tidak ada cara lain, selain kita harus tetap komit untuk menantikan Tuhan genapi janji-Nya.

Jangan pernah tawar hati, putus asa, kecewa dan sakit hati kepada Tuhan sekalipun keadaan semakin buruk dan membahayakan. Mengapa? Karena Tuhan yang menetapkan kita untuk menikmati penggenapan janji-Nya. Bukan karena kita bisa, tetapi karena anugerah atau kasih karunia-Nya bagi kita.

3. Tetap setia ikuti perintah Tuhan.
Dalam Yosua 1:7 ditegaskan: "...bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi".

Perintah dan ketetapan Tuhan merupakan pentuntun yang tepat dan benar bagi hidup kita. Ketika kita setia ikuti perintah-Nya, maka kita pasti menikmati penggenapan janji-Nya. Jangan pernah jalani hari kita dengan mengandalkan kekuatan dan kehebatan kita karena pasti kita akan mengalami kegagalan. Bersandarlah dan ikutilah firman Tuhan setiap hari karena dengan cara demikianlah Allah menuntun kita menuju kepada pengalaman mengalami berkat-berka-Nya dalam hidup kita. Amin