Translate

Ini Cara Berkomunikasi Dengan Allah

Ini cara berkomunikasi dengan Allah – Ada banyak orang yang mengalami begitu banyak masalah dalam kehidupannya. Banyak di antara mereka yang tidak mau menyediakan waktu untuk berbicara lagi dengan Allah karena mereka merasa sudah tidak ada gunanya. Semakin mereka  berdoa, pergumulan semakin berat mereka rasakan. 

(Semoga Anda tidak demikian). Padahal, kalau mereka mau melewatkan cukup waktu untuk berbicara dengan Allah serta membiarkan-Nya memberi hikmat tentang bagaimana caranya menanggapi masalah-masalah itu, mereka akan sadar bahwa Allah akan menghilangkan masalah-masalah itu atau menopangnya melalui masalah-masalah itu. Kalau Anda mau melihat ada perbedaan dalam doa Anda. Doa-doa kita sebenarnya mempunyai dampak terhadap kehidupan kita maupun kehidupan orang lain. Ada 4 hal yang saya percaya sangat penting untuk kita perhatikan.

1. Sediakan waktu spesial untuk berkomunikasi dengan Allah.
Anda harus menyediakan waktu khusus untuk berbicara dengan Allah. Kalau tidak, maka Anda tidak akan bertekun dalam doa. Sebab di atas segalanya berdoa adalah kegiatan yang paling dibenci Iblis. Sehingga ia akan melakukan segalanya untuk membuat Anda tetap sibuk agar tidak ada waktu untuk berdoa.

2. Sediakan tempat spesial untuk berkomunikasi dengan Allah.
Anda harus menyediakan tempat khusus dimana Anda bisa mendapatkan privasi untuk menyendiri bersama Allah, mempergumulkan hal-hal dalam kehidupan Anda yang harus Anda bereskan. Dengan tempat yang khusus Anda lebih siap berdoa daripada kalau Anda berdoa di sembarang tempat.


3. Miliki tujuan yang jelas untuk berkomunikasi dengan Allah.
Anda harus mempunyai maksud yang jelas. Mengapa? Sebab tanpa maksud yang jelas doa Anda tidak akan terfokuskan. Maksud doa itu bukanlah untuk mendapatkan sesuatu dari Allah melainkan mengembangkan hubungan pribadi yang intim yang hangat denganDia.

4. Miliki catatan akurat untuk berkomunikasi dengan Allah.
Anda harus mempunyai rencana. Untuk itu Anda perlu membuat catatan kapan Anda memohon sesuatu kepada Allah? Kapan Allah menjawab permohonan Anda? Dengan berjalannya waktu kalau Anda membuka kembali catatan-catatan Anda itu, Anda akan melihat bahwa ternyata Allah mendengarkan Anda. Allah mengasihi Anda. Allah peduli kepada Anda. Allah berkepentingan terhadap Anda. Allah turut campur dalam kehidupan Anda. Allah menjawab doa Anda. Allahmengembangkan hubungan Anda dengan Dia. Anda bertumbuh dalam iman. Kehidupan Anda semakin mengasyikkan. Allah ada dalam kehidupan Anda.

Demikianlah Paulus mengatakan hendaknya kita bertekun dalam doa. Sebagaimana firman Tuhan di dalam Kolose 4:2-4 mengatakan: “Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur. Berdoa jugalah untuk kami supaya Allah membuka pintu untuk pemberitaan kami sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus yang karena-Nya aku dipenjarakan. Dengan demikian aku dapat menyatakannya sebagaimana seharusnya.”

RENUNGKANLAH: Jangan sekedar memanjatkan doa-doa yang singkat lalu pergi dan menyerah hanya karena jawabannya tidak kujung datang.