Translate

Ini Jaminan Yang Kekal Bagi Hidup Kita

Ini jaminan yang kekal bagi hidup kita – Ada beragam produk yang bila kita membelinya memiliki jaminan (garansi) dalam periode waktu tertentu. Produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut yang disertai dengan jaminan (garansi) memiliki tujuan yaitu supaya kita nyaman menggunakannya dan bila terjadi kerusakan, maka kita bisa mengembalikannya dan perusahaan akan mengganti dengan produk yang baru selama waktu garansi itu masih berlaku. Tetapi tidak akan berlaku bila masa garansinya sudah habis. Jadi, ini jaminan yang sifatnya sementara.

Selain produk-produk dalam bentuk barang, ada juga produk lain yang juga memiliki jaminan atau garansi. Produk dimaksud yaitu produk asuransi baik untuk kesehatan kita maupun untuk masa depan. Kita diproteksi oleh asuransi tersebut, sehingga kita merasa nyaman. Tetapi produk tersebut pun juga memiliki limit waktu yang terbatas, misalnya hanya sampai usia 70 tahun. Dengan demikian jaminan tersebut tidak selamanya kita peroleh. Banyak orang yang menggunakan produk-produk tersebut dengan maksud untuk memberi jaminan bagi hidupnya dan juga keluarga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Merujuk kepada penjelasan di atas, kita melihat bahwa secara umum manusia membutuhkan jaminan di dalam hidupnya. Harus kita akui bahwa semua jaminan yang ditawarkan oleh manusia seperti dikemukakan di atas, tidak salah. Tetapi yang harus kita perhatikan bahwa jaminan tersebut ada batasnya, sehingga kita tidak bisa begantung sepenuhnya kepada jaminan tersebut.


Oleh karena itu, kita membutuhkan jaminan yang sifatnya tidak sementara, tetapi jaminan yang bersifat kekal. Dari mana kita mendapatkan jaminan yang kekal itu? Jawabannya ialah jaminan yang bersumber dari Tuhan Allah kita. Jaminan yang diberikan Allah kepada kita tidak ada limid waktunya, tidak ada limid nilainya dan tidak ada kuasa manapun yang mampu membatalkan perjanjanjiannya. Yesaya 54:10, “Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau”. Jaminan yang Allah sediakan buat kita adalah jaminan berdasarkan “kasih-Nya kepada kita”. Allah mengasihi kita itulah jaminan hidup kita baik hari ini maupun hari esok sampai kepada kekekalan.

Apapun yang terjadi pada kita, digambarkan seperti gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang...melambangkan kondisi dan situasi yang kritis, krisis dan menakutkan! Kita sering kali mengalami keadaan seperti itu. Dalam rumah tangga kita, sakit penyakit yang kita alami, tekanan dari orang-orang di sekitar kita, kondisi keuangan kita yang memburuk, bisnis yang macet, pekerjaan yang tidak mengalami peningkatan dan tagihan-tagihan yang menumpuk. Kita seakan-akan mengalami gempa bumi setiap hari. Dalam semua keadaan seperti itu kasih Tuhan tidak akan beranjak dari hidup kita. Tuhan tetap mengasihi kita. Di dalam kasih-Nya Dia tetap memelihara dan memberkati hidup kita.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa keunggulan jaminan kekal dari Allah bagi hidup kita?” Berdasarkan ajaran Alkitab, maka ada beberapa keunggulan dari jaminan Allah bagi hidup kita, yaitu:

1. Jaminan Allah memberi terobosan (breakhtrough).
Ayat 1, berkata bahwa yang mandul bersorak-sorak sebab ia akan melahirkan dan yang ditinggal suami akan memiliki lebih banyak anak dari pada yang bersuami. Tuhan menjanjikan ada trobosan dalam keadaan yang tidak mungkin. Bahkan Tuhan akan membuat pembuktian yang luar biasa bagi orang-orang yang dikasihi-Nya.

Saat krisis, orang akan berkata usahamu tidak akan maju, tidak mungkin ada pelanggan, tidak mungkin ada penjualan, karirmu tidak bagus, sakitmu tidak akan pulih, anak-anakmu akan gagal. Namun dalam jaminan kasih Tuhan, Dia adalah Allah pencipta langit dan bumi, Dia Allah ElSadday, Dia Mahakuasa dan mampu untuk mendatangkan terobosan dalam hidupmu. Air berubah menjadi anggur, buta melihat, lumpuh dapat jalan, mati dibangkitkan, tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Jaminan kasih-Nya memberikan kepastian terobosan di tengah-tengah kemustahilan.

2.   Jaminan Allah terjadi pelipatgandaan (multiplication).
Ayat 2, menunjukkan kemauan Tuhan bahwa sekalipun dalam kesesakan umat Tuhan harus berani untuk melapangkan tenda mereka, jangan menghemat! Panjangkan tali-tali kemah mereka. Tuhan menyuruh umat-Nya untuk tidak kuatir tetapi mulai berpikir untuk maju dengan menyiapkan hidup dan kedaan mereka dengan baik sebab di dalam masa krisis Allah mau memberkati kita dengan mengadakan pelipatgandaan dalam hidup kita. Ayat 3, kita akan mengembang ke kira dan ke kanan, Tuhan menjanjikan sebuah perkembangan yang tidak ada batasnya, keturunan kita akan memperoleh tempat bangsa-bangsa dan mendiami kota-kota yang sunyi. Ini menyatakan bahwa Tuhan akan melipatgandakan berkatnya buat kita. Berkat bangsa-bangsa dan berkat kota akan diberikan kepada kita.

Artinya, dalam jaminan kasih Tuhan, hidup kita tidak akan selalu sama seperti kemarin selalu ada pelipatgandaan dalam setiap aspek hidup kita. Kalau orang lain berkurang kita malah bertambah. Pelayanan kita akan terus diberkati, keluarga, bisnis, study dan sebagainya akan mengalami perkembangan. Ayat 4, menunjukan bahwa kita tidak lagi takut dan malu sebab Tuhan membuat kita berbeda dengan masa lalu kita. Rasa takut dan malu kita akan diangkat dan digantikan dengan kebahagiaan. 

3. Jaminan Allah memberikan kesejahteraan (walfare).
Ayat 13, jaminan kasih Allah memberikan kesejahteraan. Hidup kita penuh sejahtera sekalipun di tengah-tengah musuh yang siap menyerang kita. Allah adalah perisai dan kota benteng kita. Ia akan menghalau musuh-musuh kita dan menghacurkan segala rencana dan niat hati mereka yang jahat. Orang yang melawan kita akan rebah. Tuduhan dan fitnahan akan dikembalikan kepada mereka.

Itulah keunggulan dari jaminan Allah yang kekal bagi kita. Oleh sebab itu, jangan ragukan jaminan Allah bagi hidup kita. Sekalipun dunia menawarkan segala sesuatu yang menggiurkan, ingatlah bahwa semua tawaran dan jaminan dari dunia hanya bersifat sementara. Dalam rentang waktu sesaat kita bisa nyaman, tetapi setelah itu kita akan mengalami hal yang buruk. Itulah tawaran dan jaminan yang diberikan oleh dunia. Berbeda dengan jaminan yang diberikan oleh Tuhan Allah kepada kita. Jaminan dari Dia bersifat kekal dan selalu membawa kesejahteraan yang sempurna bagi kita.