Translate

Hidup Dalam Jaminan Yang Unlimited Dari Tuhan

Hidup dalam jaminan yang unlimited dari Tuhan (Yesaya 54:1-17) - Salah satu karakter penting yang disukai oleh semua kalangan dan semua orang ialah karakter DAPAT DIPERCAYAI. Tetapi faktanya karakter DAPAT DIPERCAYAI ini mulai terabrasi dari kehidupan banyak orang, sehingga KEBUTUHAN AKAN JAMINAN HIDUP semakin tinggi. Artinya, terjadi penurunan tingkat kepercayaan kita kepada sesama. Berdasarkan hal itulah, maka segala sesuatu yang ingin kita dapatkan harus menggunakan atau ada jaminannya.  

Allah melalui nabi Yesaya menegaskan jaminan-Nya demikian: Dengarkanlah Aku, hai kaum keturunan Yakub, hai semua orang yang masih tinggal dari keturunan Israel, hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan, hai orang-orang yang Kujunjung sejak dari rahim. Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu” – Yesaya 46:3-4.

Kalimat tanya: “Apa keunggulan jaminan kekal dari Allah bagi hidup kita?”
Kalimat peralihan: Berdasarkan ajaran Alkitab, maka ada beberapa keunggulan dari jaminan Allah bagi hidup kita, yaitu:


1. Allah menjamin ada terobosan (breakhtrough).
Nabi Yesaya menulis: “Bersorak-sorailah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dengan sorak-sorai dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami, firman TUHAN” – Yesaya 54:1. Firman Allah tersebut menekankan tentang kekuatan kepercayaan kepada Allah akan mengalahkan dan menerobos kemustahilan. Menurut manusia itu mustahil, menurut manusia itu tidak mungkin, tetapi bagi Allah selalu ada jalan terbuka untuk mengalami terobosan di dalam semua area kehidupan kita.

2. Allah menjamin ada pelipatgandaan (multiplication).
Nabi Yesaya menulis: “Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi” – Yesaya 54:2-3. 

Firman Allah tersebut menekankan bahwa pasti terjadi pelipatgandaan dalam skala yang lebih luas dan lebih besar. Kuncinya jangan ragu, jangan takut dan jangan kuatir di dalam melakukan usaha, karier dan pelayanan. Teguhkan iman dan kuatkan pengharapan kepada Tuhan karena setiap kita yang percaya dan berharap kepada Allah tidak akan pernah dikecewakan.

3. Allah menjamin ada kesejahteraan (welfare).
Nabi Yesaya menulis: “Semua anakmu akan menjadi murid TUHAN, dan besarlah kesejahteraan mereka; engkau akan ditegakkan di atas kebenaran. Engkau akan jauh dari pemerasan, sebab engkau tidak usah lagi takut, dan engkau akan jauh dari kekejutan, sebab ia tidak akan mendekat kepadamu” Yesaya 54:13-14. 

Firman Allah tersebut menegaskan bahwa keturunan atau anak-anak orang percaya akan menjadi murid Tuhan yang militant, sehingga mereka akan mengalami kesejahteraan yang besar. Lalu kita sebagai orangtua, kita hidup di dalam kebenaran, menjadi pelaku dari kebenaran dan juga sekaligus pembawa kebenaran. Ada providensia sempurna dari Allah, sehingga hal-hal yang berpotemsi mendatangkan kerugian dan lain sebagainya tidak akan bisa menyentuh kita, kecuali jika Tuhan mengijinkannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka tidak ada alasan bagi kita untuk meragukan Allah dan jaminan-Nya bagi hidup kita ditahun 2016 ini. Dikatakan demikian, karena pertama, Allah menjamin ada terobosan sebab bagi Dia tidak ada yang mustahil; kedua, Allah menjamin ada pelipatgandaan sebab Dialah sumber segala berkat dan keberhasilan kita; ketiga, Allah menjamin ada kesejahteraan sebab providensia-Nya sempurna bagi kita. Amin.