Translate

Meraih Berkat Tuhan Melalui Ucapan Syukur

Meraih berkat Tuhan melalui ucapan syukur – Rasul Paulus menulis demikian: “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu” – 1 Tesalonika 5:18. Berdasarkan bagian firman Tuhan tersebut, kita diperintahkan untuk mengucap syukur dalam semua situasi dan kondisi yang kita alami, rasakan dan hadapi. Perintah tersebut bersumber dari Tuhan dan itu merupakan isi hati, keinginan dan kehendak Allah bagi kita.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa berkat yang bisa kita raih melalui ucapan syukur tersebut?” Ada beberapa hal yang bisa kita raih sebagai berkat dalam hidup kita melalui ucapan syukur, yaitu:

1. Memperkuat relasi kita dengan Allah.
Melalui ucapan syukur yang kita naikkan kepada Allah di dalam Kristus, relasi kita dengan Allah akan semakin kuat. Kita akan intim dengan Allah, sehingga aliran kasih, kuasa dan berkat Allah akan mengalir ke dalam hidup kita. Tuhan Yesus menegaskan bahwa: “
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya” – Yohanes 15:7. Ketika relasi kita harmonis, intim dan ada di dalam Kristus serta firman-Nya, maka kita akan memperoleh berkat dari-Nya.


2. Mendapatkan sumber daya yang tidak terbatas.
Melalui ucapan syukur yang kita naikkan kepada Allah, maka kita akan memperoleh sumber persediaan yang tidak terbatas (unlimited). Dalam keadaan apapun kita, suka-duka, sehat-sakit, kaya-miskin, dan lain sebagainya, pada saat kita menaikkan syukur kepada Tuhan, maka Dia sendiri akan bereaksi dan memberikan pertolongan yang kita perlukan dalam hidup ini. Rasul Paulus menulis demikian: Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus” – Filipi 4:19. Berdasarkan firman Tuhan tersebut, kita mengetahui bahwa ada jaminan dari Allah terkait dengan semua yang kita butuhkan. Allah tidak pernah kekurangan cara untuk menolong kita. Cara kerja Allah selalu ajaib bagi kita ketika kita hidup selalu bersyukur kepada-Nya dalam semua situasi dan kondisi apapun. Oleh karena itu, jangan pernah mengeluh, biasakanlah untuk selalu mengucap syukur kepada Allah karena Dia memiliki sumber persediaan yang tidak terbatas (unlimited).

3.  Membuat kita menghargai rencana dan karya Allah.
Melalui ucapan syukur yang kita naikkan kepada Allah, maka kita mendapatkan berkat yaitu kita akan selalu menghargai rencana dan karya Allah dalam hidup kita. Rencana dan karya Allah selalu baik buat kita. Rencana Allah tidak pernah gagal bagi kita. Ayub menulis demikian: “Maka jawab Ayub kepada TUHAN: "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal” – Ayub 42:1-2. Karya Allah bagi kita adalah karya yang selalu memberi masa depan yang penuh harapan bagi kita. Nabi Yeremia menulis demikian: “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan” – Yeremia 28:11.


Itulah tiga berkat yang bisa kita raih melalui ucapan syukur yang kita naikkan kepada Allah di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Oleh karena itu, marilah mulai saat ini belajar untuk selalu bersyukur. Berhentilah bersungut-sungut dalam hidupmu karena cara demikian tidak memberi faedah bagi hidupmu. Allah tahu apa yang kita butuhkan dan selalu peduli kepada kita saat kita mengalami masa-masa senang maupun masa-masa sukar. Jadi, beryukurlah selalu karena dengan demikian kita akan meraih berkat di dalamnya. Amin