Translate

Rahasia Memiliki Hidup Yang Berkualitas

Rahasia memiliki hidup yang berkualitas – Dunia zaman sekarang sangat membutuhkan orang-orang yang berkualitas, sebab tanpa hidup yang berkualitas, kita sulit untuk dapat bertahan di dunia yang semakin keras dan marak dengan berbagai kejahatan. 

Dewasa ini banyak anak yang tidak berkualitas sehingga mudah terjerumus ke narkoba, sek bebas, porno grafi serta macam-macam tindakan kriminal. Dengan jujur kita bisa berkata bahwa setiap saat dapat kita saksikan orang-orang yang tidak berkualitas. Selain menjadi biang persoalan, orang yang tidak berkualitas juga menjalani hidup dalam tekanan yang berat.

Hidup Kristen adalah hidup yang berkualitas, karena sudah ditebus oleh Allah melalui pengorbanan Yesus di atas kayu salib. Alkitab memberikan penegasan demikian: “Umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan terus bertindak atau berkarya berdasarkan kehendak-Nya”. Itulah bukti hidup orang Kristen yang berkualitas.


Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa rahasianya supaya memiliki hidup yang berkualitas?” Berdasarkan Zakharia 8:1-13, kita menemukan ada beberapa rahasia supaya memiliki kehidupan yang berkualitas.

1. Hidup dalam kesetiaan dan kekudusan.
Nabi Zakharia dalam pimpinan Roh Kudus menulis terkait dengan kesetiaan dan kekudusan yaitu: “Beginilah firman TUHAN: Aku akan kembali ke Sion dan akan diam di tengah-tengah Yerusalem. Yerusalem akan disebut Kota Setia, dan gunung TUHAN semesta alam akan disebut Gunung Kudus” – Zakharia 8:3.

Dalam ayat di atas, ada dua kata kunci yaitu: “Setia dan kudus”. Di zaman sekarang masalah kesetiaan dan kekudusan bukan lagi sesuatu yang populer. Kesetiaan dan kekudusan dianggap sesuatu yang tidak penting. Hari-hari ini orang lebih memperhatikan tindakan bertalian dengan keuntungan dan kepentingan diri sendiri. Berbicara setia artinya: “Meskipun kita berada dalam tantangan dan masalah, kita akan tetap di sana karena kita tahu bahwa Tuhan yang menuntun kita ke sana, Tuhan yang membawa kita itu adalah Tuhan yang setia, maka apapun yang terjadi Tuhan pasti memberikan jalan keluar yang terbaik.

2. Membangun sebuah keluarga yang dahsyat. ” (Ayat 4-5)
Nabi Zakharia dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan membangun keluarga yang kuat, menulis demikian: “Beginilah firman TUHAN semesta alam: Akan ada lagi kakek-kakek dan nenek-nenek duduk di jalan-jalan Yerusalem, masing-masing memegang tongkat karena lanjut usianya. Dan jalan-jalan koti itu akan penuh dengan anak laki-laki dan anak perempuan yang bermain-main di situ” – Zakharia 8:4-5.

Perhatikan bahwa keluarga yang dahsyat bukanlah keluarga yang tidak melewati berbagai benturan atau permasalahan, melainkan menjadikan permasalahan sebagai proses yang dilewati dengan bijaksana tanpa menyalahkan satu sama lain. Keluarga yang dashyat inilah yang dapat menikmati hidup dalam damai sejahtera, di mana  tidak ada perpecahan, tidak ada perceraian, serta tidak ada kebencian dalam hati. Dalam keluarga, jika seorang isteri atau suami mempertahankan sesuatu yang salah, maka lama-kelamaan keluarga tersebut akan mengalami kehancuran. Keluarga yang dashyat pasti di dalamnya yang ada kasih, saling memperhatikan, saling menghargai juga saling memberkati bukan saling mempersalahkan.

3. Memerlukan kuasa untuk menjadi kuat.
Nabi Zakharia dalam Pimpinan Roh Kudus terkait dengan memerlukan kuasa untuk menjadi kuat, menulis demikian: “Beginilah firman TUHAN semesta alam: “Kuatkanlah hatimu, hai orang-orang yang selama ini telah mendengar firman ini, yang diucapkan para nabi, sejak dasar rumah TUHAN semesta alam diletakkan, untuk mendirikan Bait Suci itu” – Zakharia 8:9.

Menjadi kuat artinya adalah menjadikan tantangan sebagai proses pembentukan karakter tanpa memikirkan kelemahan dan kepahitan yang orang perbuat terhadap kita. Orang yang kuat tidak akan menghadapi tantangan yang terjadi dengan ketakutan atau rasa terpaksa, namun penuh keberanian, kesiapan, serta keyakinan bahwa bersama Yesus setiap permasalahan pasti dapat teratasi dengan baik dan benar. 

Ketahuilah bahwa bagi Tuhan tidak ada perkara yang mustahil, sebab Allah sumber kemenangan. Jadi dengan kekuatan dari Tuhan, membuat tantangan menjadi asyik karena yakin pasti dapat diatasi, inilah yang dinamakan hidup berkualitas bersama Tuhan. 

Baca juga: RAHASIA MEMILIKI MOTIVASI HIDUP YANG BENAR.

Post a Comment for "Rahasia Memiliki Hidup Yang Berkualitas"